Target Indonesia Sebagai Pengguna Kendaraan Listrik, Jokowi : Kami Sedang Siapkan Perpresnya

Target Indonesia Sebagai Pengguna Kendaraan Listrik, Jokowi : Kami Sedang Siapkan Perpresnya

MONITORDAY.COM - Presiden Jokowi bercita-cita agar nantinya indonesia dapat menjadi penngguna kendaran listrik yang tentu saja akan ramah terhadap lingkungan, untuk itu, Pemerintah kini tengah mempersiapkan Peraturan Presiden tentang Kendaraan Listrik. Perpres tersebut dibahas dalam rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (14/1/2019).

"Tadi di ratas, intinya kami ingin menyiapkan Perpres mengenai kendaraan listrik. Roadmap-nya seperti apa, tahun berapa harus sudah pada persentase berapa," ujar Presiden, seusai rapat.

Presiden melanjutkan bahwa Indonesia cukup berpeluang untuk menjadi negara produsen kendaraan listrik besar di dunia.

Sebab, Indonesia dianugerahi sumber daya alam yang melimpah, yakni nikel, kobalt dan mangan. Itu merupakan bahan-bahan pembuat lithium, sumber daya bagi kendaraan listrik.

"Kita memiliki peluang untuk menjadi pemain kendaraan motor listrik. Karena di kita ini memiliki bahan-bahan untuk membuat lithium, baterai," ujar Jokowi.

"Jadi, strategi bisnis negara memang harus mulai diatur sehingga kita bisa melakukan sebuah lompatan menju ke produk, baik motor atau mobil yang memiliki daya saing baik dalam pasar domestik maupun internasional," lanjut dia.

Presiden mengatakan, perpres itu akan diterbitkan dalam waktu tidak terlalu lama. Sebab, dalam rapat terbatas tadi, sejumlah poin sudah disepakati.