Tengah Menjadi Sorotan, Anies Tegaskan Reklamasi Adalah Pantai Bukan Pulau

Tengah Menjadi Sorotan, Anies Tegaskan Reklamasi Adalah Pantai Bukan Pulau

MONITORDAY.COM - Kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, soal reklamasi kini tengah menjadi sorotan di tengah masyarakat. Anies menegaskan bahwa reklamasi adalah pantai, bukan pulau.

Hal tersebut disampaikan Anies dalam acara Halal Bi Halal Caleg Gerindra DKI di Hotel Grand Sahid, Jakarta Pusat, Minggu (23/6/2019).

“Dari reklamasi saja, disebutnya pulau reklamasi. Tidak ada pulau. Yang disebut pulau itu adalah daratan yang terbentuk proses alami. Kalau daratan yang dibuat manusia itu namanya pantai, bukan pulau,” kata Anies.

Kemudian ia mencontohkan, Pantai Indah Kapuk (PIK), yang ia sebut sebagai wilayah reklamasi. Demikian pula kawasan Mutiara dan Ancol yang disebutnya pantai.

“Kita telanjur menyebutnya pulau, ini hal sederhana kan. Kalau kita tidak punya pemahaman yang benar, nanti terjebak tuh di doorstop, diskusi,” kata mantan Mendikbud itu.

Ia juga menyampaikan, bahwa kawasan reklamasi di utara Jakarta merupakan bagian dari Pulau Jawa. Maka dari itu, Anies mengimbau para caleg Gerindra DKI dapat memahami hal-hal seperti itu.