Terkait Potensi Gempa Sekitar Jakarta, BMKG Minta Masyarakat Tidak Cemas

Terkait Potensi Gempa Sekitar Jakarta, BMKG Minta Masyarakat Tidak Cemas
lustrasi foto

MONITORDAY.COM - Beberapa kawasan di Indonesia masih diguncang gempa bumi dengan magnitudo di atas 5. Setelah Donggala dan Palu, giliran Situbondo, Jawa Timur, yang diguncang gempa pada Kamis dini hari tadi dengan magnitudo 6,4.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Rahmat Triyono menyebut gempa bumi juga bisa menyasar wilayah Jakarta. Namun begitu, masyarakat diminta tetap tenang.

“Memang Jakarta dekat sumber gempa, tapi potensi terjadi kapannya belum tahu. Masyarakat tidak perlu cemas,” ucap Rahmat di kantor BMKG, Jakarta, Kamis (11/10/2018).

Menurut dia, BMKG sudah menyiapkan langkah mitigasi bencana. Masyarakat juga harus diberikan bekal tentang pemahaman terhadap bencana alam.

“Betapa pun BMKG bekerja 24 jam sehari, tetapi Pemda libur Sabtu dan Minggu, informasi jadinya kan tidak sampai ke masyarakat. Jadi, Pemda harus perkuat BPBD untuk selalu siap agar bisa evakuasi masyarakat yang terdampak,” ia melanjutkan.

Selain itu, ia mengingatkan bahwa infrastruktur yang aman gempa juga harus dipersiapkan.

"Karena yang bahaya saat gempa bumi adalah bangunan yang jatuh, jadi masyarakat tidak perlu panik fokus kapan terjadi gempa di Jakarta karena kapan terjadinya kita tidak tahu,” ia mengakhiri.