Terkendala Cuaca Buruk, 210 TPS Terancam Tidak Bisa Melaksanakan Pencoblosan

Terkendala Cuaca Buruk, 210 TPS Terancam Tidak Bisa Melaksanakan Pencoblosan
Direktur Democracy and Electoral Empowerment Partnership (DEEP), Yusfitriadi

MONITORDAY.COM - Tahapan pungut hitung pemilu 2019 tinggal menghitung jam, namun di beberapa tempat sangat terkendala cuaca buruk.

Direktur Democracy and Electoral Empowerment Partnership (DEEP), Yusfitriadi mengatakan, di Kabupaten Bandung terdapat 210 TPS yang tersebar di 6 Kecamatan, terancam tidak bisa melaksanakan pungut hitung pada tanggal 17 April 2019 besok, karena terdampak banjir.

"Selain itu juga ada beberapa TPS roboh diterjang angin dan hujan yang lebat, seperti terjadi di kota banjar jawa barat," kata Yusfitriadi dalam siaran persnya (16/4).

Oleh karena Yusfitriadi berharap kepada KPU bersama Bawaslu di masing-masing kabupaten/kota, khususnya yang ada di Jawa Barat, untuk segera memetakan wilayah-wilayah yang sudah tidak mungkin melaksanakan pemungutan suara karena masalah cuaca.

"Diusahakan semaksimal mungkin untuk bisa melaksanakan pemungutan suara tepat pada waktunya, dengan merelokasi secara cepat TPS yang sudah dibangun," tutur Yusfitriadi.

Selain itu juga, KPU diharapkan memetakan kebutuhan logistik pada wikayah-wilayah tersebut. "Informasi yang saya dapatkan dari pemantau di lapangan, keterpenuhan logistik juga masih menjadi masalah, karena sangat rawan rusak baik pendistribusian maupun penyimpanan," ucapnya.