Tingkatkan Budaya Literasi, Gubernur DKI Kampanyekan #RuangBacaJakarta

Tingkatkan Budaya Literasi, Gubernur DKI Kampanyekan #RuangBacaJakarta
Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, meresmikan ruang membaca buku serta turun langsung dalam kampanye #RuangBacaJakarta di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Minggu (08/09/2019).

MONITORDAY.COM - Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, meresmikan ruang membaca buku serta turun langsung dalam kampanye #RuangBacaJakarta di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Minggu (08/09/2019).

Ia mengatakan, kegiatan ini merupakan sebuah gerakan untuk mengajak masyarakat membaca di ruang publik.

Dalam kesempatannya, Anies juga membaca buku-buku berkualitas yang tersedia di ruang baca.

"Saya tadi baca buku kisah-kisah inspiratif, kumpulan dari Kantor Berita Antara. Jadi kita hari ini meluncurkan ruang baca buku di stasiun MRT. Tadi kita mulai di stasiun Bundaran HI dan sekarang kita di Lebak Bulus, di sini juga ada,” kata Anies dalam keterangan persnya.

Kemudian Gubernur Anies menjelaskan, tujuan dari Gerakan tersebut meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnnya literasi.

“Tujuan kita adalah membangun gerakan baca buku. Kita menyadari pentingnya literasi bagi semua masyarakat, apalagi di kota seperti Jakarta di mana kita menjadi bagian dari kota global. Untuk bisa maju berkembang maka warga harus bisa menjadi warga yang memiliki tingkat literasi tinggi. Salah satunya adalah dengan kegemaran membaca,” tuturnya.

Penumpang yang berminat untuk membaca buku yang disediakan di ruang baca tidak harus membaca buku pilhannya di lokasi tersebut.

Penumpang bisa membawa dan menikmati buku pilihan mereka sambil menikmati perjalanan dengan MRT dan buku tersebut bisa dikembalikan di rak-rak buku yang tersedia di stasiun tujuan.

Meski baru tersedia di stasiun MRT, Anies berharap nantinya gerakan #RuangBacaJakarta bisa diperluas ke berbagai ruang publik atau fasilitas umum di Jakarta.

“Kita berharap nantinya di berbagai tempat di Jakarta, termasuk halte bis kita akan dorong lebih banyak rak buku untuk masyarakat baca,” pungkasnya.