Tips Agar Kaum Milenial Tidak Terjebak Hoax

Tips Agar Kaum Milenial Tidak Terjebak Hoax

MONITORDAY.COM –  Di era zaman now dimana teknologi sudah semakin berkembang, ada semakin banyak cara untuk menyebar informasi. Akan tetapi, tidak semua informasi yang tersebar merupakan hal yang benar-benar ada. Apalagi, kini sudah ada istilah hoax, yaitu berita palsu. Sebagai generasi milenial, tentu kita tidak boleh meresap satu berita yang dibaca tanpa tahu sumber utamanya. Karena nantinya akan menyebabkan kesalahpahaman dan provokasi di masyarakat. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk tahu bagaimana caranya agar tidak terjebak hoax. Berikut tips yang bisa kamu praktikkan supaya tidak menjadi generasi penerima hoax.

  1. Membaca Berita dari Sumber-Sumber yang Dapat Dipercaya

Banyak outlet berita yang menampilkan berita dengan judul-judul yang memprovokasi guna menarik perhatian orang banyak. Sebaiknya, kamu membaca keseluruhan beritanya terlebih dahulu dan jangan hanya terpancing dengan judul.

  1. Mengecek Ulang Fakta yang Ada Pada Berita Tersebut

Jika kamu menemukan fakta-fakta pada berita tersebut, pastikan kamu mengecek ulang fakta yang tertera. Kamu dapat mencari berita serupa di beberapa outlet berita lainnya untuk memastikan bahwa fakta di berita yang kamu baca benar-benar seperti yang diberitakan outlet lainnya.

  1. Lebih Selektif dalam Membaca Berita

Selain itu, kamu juga harus lebih selektif dalam membaca berita. Bukan berarti kamu tidak boleh membaca berita, namun harus diperhatikan media mana yang kira-kira tidak memberitakan hoax dan dipercaya orang-orang. Kamu dapat meminta pendapat pada orangtua, guru, dan teman, di mana mereka mendapatkan berita-berita terkini.

Tidak lupa, pastikan bahwa orang-orang di sekelilingmu tidak terjerat oleh berita-berita hoax. Yuk, jadilah generasi yang pantang hoax!