Tips Hemat untuk Anak Kostan

Tips Hemat untuk Anak Kostan
Ilustrasi hemat.(c) Google

MONITORDAY.COM – Mahasiswa baru yang merantau, kebanyakan tinggal di sebuah kosan. Meski biaya hidup berbeda-beda tergantung wilayah tempat melanjutkan pendidikan tinggi, ada beberapa hal yang dapat dilakukan anak rantau agar dapat menghemat pengeluaran, dan barangkali, sekaligus menabung untuk kebutuhan yang akan datang.

  1. Membawa Botol Minum Kemanapun

Seperti yang kita ketahui, air adalah salah satu kebutuhan utama manusia. Jika kita tidak membawa air, keinginan untuk membeli ketika kamu kekurangan minum akan bertambah. Sehingga, akan lebih hemat jika kamu membawa botol minum sendiri yang bisa kamu isi ulang sewaktu-waktu menemukan tempat mengisi.

  1. Membeli Kebutuhan di Pusat Grosir

Di berbagai tempat, ada pusat grosiran yang menjual barang kebutuhan sehari-hari dengan harga yang relatif lebih murah daripada di supermarket. Kamu dapat mengajak teman-temanmu untuk bersama pergi ke pusat grosir tersebut dan membeli barang sesuai kebutuhan masing-masing. Selain mempererat pertemanan, kamu dapat menyimpan uangmu untuk hal lain.

  1. Buat Catatan Pengeluaran

Ini adalah hal terpenting dalam proses penghematan anak kos. Layaknya sebuah diari, kamu dapat menuliskan pengeluaran dan pemasukanmu tiap harinya dalam jangka waktu sebulan, untuk melihat berapa banyak yang telah kamu keluarkan untuk kebutuhan. Kamu bisa melakukannya dengan cara manual, maupun melalui aplikasi seperti Money Lover. Setelah tahu jumlah pengeluaran dan pemasukannya, kamu bisa memasang target pengeluaranmu di bulan yang akan datang agar lebih hemat.

Itulah tiga tips yang dapat kamu coba dalam proses menghemat. Jangan lupa untuk menabung sebagian pemasukanmu untuk berjaga-jaga, ya.