Tips Memilih Untuk Pemilih Pemula (bagian 2)

Tips Memilih Untuk Pemilih Pemula (bagian 2)

MONITORDAY.COM – Apakah kamu seorang pemilih pemula? Sudahkah kamu siap menghadapi Pemilu tahun 2019? Jika belum, kamu boleh mempersiapkan diri dari sekarang. Lantas, apa saja yang harus dipersiapkan? Ada beberapa hal yang bisa kamu simak di bawah ini mengenai persiapan yang dapat kamu lakukan dalam menyambut Pemilu 2019. Sebelumnya, kamu juga dapat membaca bagian pertama dari artikel ini agar lebih siap.

  1. Pemilih yang Baik adalah Pemilih yang Bijak

Sebagai seorang pemilih pemula, kamu harus menjadi pemilih yang bijak. Dalam artian, kamu tidak boleh merendahkan atau menjelek-jelekkan calon pemimpin yang bukan menjadi pilihannya. Orang lain juga punya hak untuk memilih pemimpin sesuai kriterianya masing-masing. Jangan lupa, selain memiliki hak sebagai seorang pemilih, dan kamu juga memiliki kewajiban untuk menghormati pilihan orang lain.

  1. Mulai Cari Tahu Tata Cara Keberlangsungan Pemilihan Umum

Sebelum Pemilu dimulai, pastikan kamu sudah mengetahui tata cara keberlangsungan Pemilu. Bagaimana kriteria voting yang sah, apa yang harus kamu lakukan ketika sampai ke Tempat Pemungutan Suara, bagaimana urutan dalam pelaksanaan Pemilu, kamu dapat menanyakan kepada orang-orang di lingkunganmu—keluarga dan teman—yang sudah pernah ikut Pemilu, atau dapat melihat langsung melalui internet.

  1. Lancarkan Jalannya Pemilihan Umum

Yang terakhir, jangan lupa untuk ikut menyukseskan Pemilu dengan tidak membuat kericuhan. Pemilu merupakan pesta demokrasi rakyat, dimana rakyat Indonesia diberi kebebasan untuk memilih siapa yang akan memimpin mereka. Oleh sebab itu, bergembiralah, karena Pemilu bukan ajang untuk menunjukkan siapa yang kuat dan siapa yang lemah, melainkan ajang untuk menyuarakan pilihanmu.

Dengan mengikuti tips-tips ini, semoga kamu bisa lebih siap untuk mengikuti Pemilu, ya!