Tips Mencari Beasiswa ke Luar Negeri

Tips Mencari Beasiswa ke Luar Negeri
Ilustrasi Bola Dunia. (c) Google

MONITORDAY.COM –  Banyak jalan menuju Roma. Banyak pula cara untuk pelajar menuntut ilmu di berbagai tempat, termasuk di negara lain. Kesempatan semakin terbuka lebar bagi pelajar, tinggal bagaimana kamu meraih kesempatan tersebut. Lantas, bagaimana jika kamu belum mengetahui kesempatan-kesempatan tersebut? Berikut beberapa tips bagaimana kamu bisa mencari beasiswa ke luar negeri.

  1. Mencari Informasi melalui Institusi dan Kedutaan Besar

Beasiswa, khususnya untuk jenjang perguruan tinggi, sebetulnya banyak sekali tersebar. Kamu dapat mulai dengan mencari informasi tentang beasiswa tersebut melalui website institusi pendidikan yang kamu tuju atau melalui website kedutaan besar negara tersebut. Tidak hanya melalui website, kamu juga dapat mencarinya dengan datang ke festival-festival edukasi luar negeri yang diadakan di daerahmu, atau datang langsung ke kedutaan besar negara yang kamu pilih. Beberapa beasiswa untuk jenjang pendidikan menengah pun ada, lho.

  1. Menelaah Syarat dan Ketentuan yang Ada

Setelah kamu menemukan beasiswa yang sesuai dengan kebutuhanmu, tahap selanjutnya yang harus dilakukan adalah meneliti syarat dan ketentuan yang ada untuk dapat mendaftar beasiswa tersebut. Biasanya, syarat beasiswa berupa foto diri, paspor, surat pernyataan dari kamu sendiri, dan beberapa institusi mungkin meminta surat rekomendasi dari institusi pendidikanmu sebelumnya.

  1. Berkonsultasi dengan Guru BK atau Konsultan Pendidikan

Ingat, kamu tidaklah sendiri dalam proses pencarian beasiswa ini. Kamu bisa meminta saran dari guru BK atau guru lain di sekolahmu, contohnya guru bahasa asing, tergantung negara yang kamu pilih. Selain itu, kamu dapat mencoba berkonsultasi dengan konsultan khusus pendidikan ke luar negeri. Konsultan-konsultan ini biasanya juga mengadakan festival edukasi sehingga kamu bisa menjangkaunya secara langsung.

Nah, itu dia tiga tips yang bisa kamu coba untuk mencari beasiswa ke luar negeri. Yang terakhir, tentu kerahkan usaha terbaikmu dan jangan lupa berdoa. Semoga berhasil!