Try Sutrisno : Setiap Warga Negara Bebas Jalani Keyakinan Agama, NKRI Tetap Ideologinya Pancasila

 Try Sutrisno : Setiap Warga Negara Bebas Jalani Keyakinan Agama, NKRI Tetap Ideologinya Pancasila
Wakil Presiden RI ke-6, Try Sutrisno (Fhoto/Net)

MONITORDAY.COM - Try Sutrisno mengatakan bahwa NKRI tidak memiliki embel lain dibelakangnya. Baginya, NKRI itu sudah keputusan mutlak bahwa berideologi Pancasila bukan yang lain.

Ini diungkapkan oleh Try Sutrisno saat diminta tanggapan terkait persoalan taruna Akmil keturunan Prancis, Enzo Zenz Allie yang viral disebutkan terpapar radikalisme. Terkait kasus enzo, dia mengatakan belum mengetahui persoalan tersebut, namun menurutnya NKRI harus berlandaskan ideologi Pancasila.

"NKRI bersyariah saya tidak tahu itu. Yang penting NKRI itu berpancasila, ya. Landasannya Pancasila, ideologinya Pancasila, yang lain-lain kalau bicara syariah itu pada pribadi, seorang Islam secara Islam dilaksanakan," kata Try usai acara dialog tokoh bangsa dengan tema "Pancasila Perekat Kita, Satu Nusa, Satu Bangsa" di Grand Sahid Hotel, Jakarta, Senin (12/8).

Wakil Presiden RI ke-6 ini menjelaskan berdasarkan Pancasila setiap warga negara di Indonesia diberikan kebebasan untuk menjalani keyakinan agamanya masing-masing.

"Seorang kristen melaksanakan ajaran Kristen. Seorang Budha melaksanakan ajaran Budha. Seorang Hindu melaksanakan Hindu. Itu sangat bebas, tidak boleh diganggu. Itu ibadah terhadap NKRI,” terang
Try.