UHAMKA Gelar Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Rektor Baru

UHAMKA Gelar Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Rektor Baru
Prosesi pelantikan rektor baru UHAMKA, Jumat (30/11). Foto: istimewa

MONITORDAY.COM - Salah satu universitas terbaik di Indonesia di bawah naungan Persyarikatan Muhammadiyah, Universitas Muhammadiyah Prof. DR Hamka (UHAMKA) akhirnya memiliki rektor baru yakni Prof. Gunawan Suryoputro M.Hum. 

Sesuai dengan surat keputusan Pimpinan Pusat Muhammadiyah No.275/KEP/1.0/D/2018. Prof. Gunawan ditunjuk untuk meneruskan tampuk kepemimpinan Prof. H. Suyatno, M.Pd yang akan mengakhiri jabatan rektor pada tanggal 30 November 2018 ini.

Disampaikan oleh panitia Emaridial Ulza, SE., MA bahwa acara ini telah dipersiapkan dengan baik. Ia mengatakan, bahwa acara ini bukan hanya sekedar pertukaran tampuk kepemimpinan antara lama kepada yang baru tapi lebih dari itu untuk memberikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada Prof. H. Suyatno, M.Pd yang sudah memberikan kontribusi besar dalam kemajuan UHAMKA seperti saat ini.

Prof.H. Suyatno, M.Pd ketika ditemui di sela acara serah terima dan pelantikan, menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukungnya dalam menyelesaikan amanah dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan seluruh keluarga besar UHAMKA. 

“Saya ini tidak bisa bekerja dengan baik tanpa semangat kebersamaan dosen, karyawan dan mahasiswa,” papar Prof.H. Suyatno, M.Pd yang juga merupakan Bendahara Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah ini.

Sementara itu Prof. Gunawan Suryoputro, Rektor UHAMKA yang baru mengatakan, bila Prof. Yatno merupakan mentornya. Kata dia, Prof. Yatno selama ini telah banyak mengkader dan mempersiapkan dirinya secara tidak langsung. 

“Prof. Yatno adalah mentor dalam hidup saya, beliau banyak memberikan bantuan dan saran setiap saat, terlebih kaitannya dengan tugas dalam pekerjaan," ungkapnya.

Prof. Gunawan juga mengatakan, bila mentornya tersebut juga merupakan prime mover bagi civitas UHAMKA. Prof. Yatno adalah penggerak utama kemajuan UHAMKA.

“Prof. Suyatno juga merupakan prime mover bagi sivitas UHAMKA karena beliau adalah penggerak utama untuk mengelola UHAMKA dalam 3 periode kepemimpinannya, banyak kemajuan yang sangat signifikan yang terjadi pada era kepemimpinanannya mulai dari akreditasi, pengembangan riset dan publikasi, kelembagaan, sumber daya manusia, dan sarana prasana," ujarnya.

Untuk diketahui UHAMKA adalah salah satu 5 perguruan tinggi Muhammadiyah terbaik dari sejumlah 173 universitas yang dimiliki Muhammadiyah, dan salah satu dari 90 perguruan tinggi terbaik Indonesia dari jumlah 4.504 perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Sebelum menjadi universitas. UHAMKA adalah Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) pada tahun 1957, barulah pada tahun 1997 berganti nama menjadi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA.

Rektor bersama seluruh civitas akademika UHAMKA siap bekerja keras dan cerdas meningkatkan keunggulan UHAMKA melalui peningkatkan kualitas catur dharma UHAMKA dengan fokus pada continuous quality improvement, GUG, SDM, dan it-based system.