Viral Video Guru Dibully Siswa, Mendikbud: Guru Jaga Wibawa

Viral Video Guru Dibully Siswa, Mendikbud: Guru Jaga Wibawa

MONITORDAY.COM-Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengomentari aksi candaan para siswa dengan cara mengolok-olok gurunya. Aksi itu dilakukan oleh siswa SMK Nahdhlatul Ulama (NU) 03 Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. 

Video rekaman aksi tersebut viral di dunia maya. Muhadjir beranggapan bahwa ulah para murid itu sudah melewati batasan meski aksi itu diklaim pihak sekolah sebagai candaan.

"Bagaimanapun hubungan guru dan siswa harus dijaga dengan baik. Sehingga jangan sampai, kalau ada candaan pun dia ada batasannya, jangan sampai keblablasan," ujar Muhadjir saat ditemui di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Selasa (13/11/2018).

Muhadjir menjelaskan seorang guru tak dilarang bercanda dengan anak murid. Akan tetapi para pengajar tidak boleh lupa untuk menjaga wibawanya. Menurut Muhadjir wibawa guru untuk memberikan keteladanan kepada para siswa.

"Ada saatnya bercanda, ada saatnya seorang guru menunjukan otoritasnya sebagai orang yang dipatuhi, disegani, dan harus dijadikan teladan oleh siswanya," jelasnya.

Video berisi candaan siswa SMK NU 03 Kaliwungi, Kendal, Jawa Tengah viral di dunia maya dalam beberapa hari terakhir.

Dalam video itu seorang guru dijadikan ledekan oleh beberapa anak didiknya di depan ruang kelas. Terlihat juga sejumlah kontak fisik antara guru dan murid itu.