Wakil Indonesia Berhasil Raih Penghargaan Bidang IT dalam Kompetisi Internasional Kaum Difabel

Wakil Indonesia Berhasil Raih Penghargaan Bidang  IT dalam Kompetisi Internasional Kaum Difabel
foto : istimewa

MONITORDAY.COM – Dalam kompetisi internasional penyandang disabilitas bertajuk Global IT Challenge for Youth with Dissabilities di India, wakil Indonesia Fayza Putri Adila berhasil meraih penghargaan tertinggi dalam bidang teknologi informas (IT).

Dalam kegiatan yang berlangsung, 9-11 November, dan melibatkan 100 peserta remaja usia 13-21 tahun dari 18 negara ini, Fayza berhasil meraih gelar Global IT Leader yang menjadi simbol sebagai peserta terbaik dalam kompetisi tahunan ini. Keberhasilan ini sekaligus menjadikannya sebagai peserta termuda yang berhasil meraih gelar terbaik Global IT Leader sepanjang 8 tahun kompetisi diselenggarakan LG Electronics Inc.

“Hal ini merupakan kebanggaan kami dapat turut terlibat aktif dalam upaya memberikan akses sekaligus peningkatan kemampuan penyandang disabilitas pada teknologi informasi,” kata Jay Jang, selaku Marketing Head PT LG Elec-tronics Indonesia dalam keterangan tertulisnya, Selasa (13/11). 

Jay berharap kemenangan wakil Indonesia ini bakal menginspirasi dan menularkan semangat berprestasi pada lebih banyak remaja penyandang disabilitas.

“Peningkatan kapasitas penyandang disabilitas tak hanya bergantung akses pada perangkat pendukung, namun pula partisipasi sosial. Keterlibatan lebih banyak pihak inilah yang kami upayakan melalui penyelenggaraan Global IT Challenge pada tiap tahunnya,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, semangat yang mengawali lahirnya Global IT Challenge ini, Sejak penyelenggaraan perdananya pada 2011 lalu, berawal dari semangat membangun kapasitas generasi muda penyandang disabilitas dalam keterbatasannya terkait teknologi informasi.

Selain untuk berkompetisi, Global IT Challenge juga menjadi forum bagi peserta dari tiap negara untuk bertukar pikiran dan mendapat pelatihan terkait upaya memperluas akses digital bagi penyandang disabilitas.