Wujudkan Desa Digital, Kemendes PDTT Segera Selesaikan Program Indonesia Terang

Wujudkan Desa Digital, Kemendes PDTT Segera Selesaikan Program Indonesia Terang
Acara bincang media bertajuk 'Pertumbuhan Ekonomi Digital yang Berkualitas' di Hotel Le Meridien, Kamis (15/08)

MONITORDAY.COM - Anwar Sanusi, Sekretaris Jendral Kementerian Desa PDTT mengatakan pihaknya akan berupaya menyelesaikan program Indonesia terang. Menurutnya, listrik merupakan elemen untuk menunjang internet.

”Adanya sambungan internet itu juga harus didukung listrik, kita dorong segera kita selesaikan program Indonesia terang merupakan salah satu jawabannya, kalau itu ada kita bicara bagaimana internet masuk, lalu infrastruktur langit (palapa ring, red), agar wilayah blank spot bisa segera terakses internet,” kata Anwar di Hotel Le Meridien, Kamis (15/8).

Anwar mengakui belum meratanya akses internet menjadi tantangan besar untuk mewujudkan desa digital. Saat ini, masih ada 13 ribu desa, yang belum terjangkau sinyal internet.

Anwar menargetkan, dua hingga tiga tahun ke depan, sinyal internet bisa menjangkau 13 ribu desa. Agar program desa digital bisa terwujud di seluruh Indonesia.

Saat ini, pemerintah tengah bergerilya mendukung semua pihak, khususnya perusahaan dan startup yang bergerak di bidang teknologi, untuk masuk ke industri 4.0. Indonesia. Utuk mencapai hal tersebut, sejumlah persiapan matang tentunya dibutuhkan untuk mengembangkan ekosistem industri 4.0 yang saat ini belum tercipta di Indonesia.