Xi tentang Misi Chang e 4 : Eksplorasi Ruang Angkasa Tiada HEnti

MONITORDAY.COM - Kemajuan ekonomi Cina semakin terlihat kokoh. Salah satunya ditandai dengan keberhasilan misi Angkasa Luarnya. Presiden Cina Xi Jinping bertemu dengan perwakilan ilmuwan dan insinyur luar angkasa yang berpartisipasi dalam penelitian dan pengembangan misi Chang'e-4 di Aula Besar Rakyat di Beijing, Rabu sore. (20/2/2019)

Tekad kuat Bangsa China untuk meenjadi yang terdepan dalam segala hal terbaca dalam pidato Xi, yang juga sekretaris jenderal Komite Partai Komunis Tiongkok (CPC) dan ketua Komisi Militer Pusat, yang memastikan  bahwa tidak ada akhir untuk eksplorasi ruang angkasa.

Xi meminta pekerja sains dan teknologi dan insinyur ruang angkasa di China untuk naik pada gelombang misi Chang'e-4 untuk mencapai tujuan umum proyek bulan China, melakukan lebih banyak upaya untuk mendorong penyebab kedirgantaraan internasional dan membawa lebih banyak kearifan Tiongkok , solusi dan kekuatan untuk penggunaan ruang yang damai dan pembangunan komunitas dengan masa depan yang sama untuk kemanusiaan.

Anggota Komite Tetap dari Biro Politik Komite Sentral CPC Li Keqiang, Li Zhanshu, Wang Yang, Wang Huning, Zhao Leji dan Han Zheng juga menghadiri pertemuan tersebut.

Xi berjabat tangan dengan para ilmuwan dan insinyur, bertanya tentang pekerjaan dan kehidupan mereka dan berfoto bersama mereka.

Dalam pidatonya yang berbicara tentang pertemuan tersebut, Xi pertama-tama menyampaikan salam tulusnya kepada semua orang yang telah memberikan kontribusi bersejarah bagi upaya antariksa negara dan menyampaikan ucapan selamat yang hangat kepada semua orang yang telah memberikan kontribusi pada misi Chang'e-4 dengan sungguh-sungguh.

"Prestasi luar biasa Anda dicapai dengan meningkatkan puncak sains dan teknologi dan menjelajahi misteri alam semesta telah menjadi model bagi seluruh Partai, seluruh angkatan bersenjata dan orang-orang dari semua kelompok etnis di China untuk berjuang untuk era baru dan memulai perjalanan baru, negara dan orang-orang kami berterima kasih, "kata Xi.

"Lima tahun lalu, kami merayakan keberhasilan misi Chang'e-3. Lima tahun kemudian, kami di sini untuk merayakan keberhasilan misi Chang'e-4," katanya.

Dia menunjukkan bahwa misi Chang'e-4, dengan mengikuti inovasi independen, kolaboratif dan terbuka, telah mewujudkan patroli dan eksplorasi pertama di sisi jauh bulan oleh pesawat ruang angkasa manusia dan mengukir "jejak kaki" Cina di sana untuk pertama kali.

"Ini adalah praktik eksplorasi yang jelas untuk membangun lembaga baru yang dapat mengumpulkan sumber daya seluruh negara," kata Xi.

"Pengalaman memberi tahu kita bahwa usaha besar dimulai dengan mimpi, dan mimpi adalah sumber vitalitas. China adalah negara yang mengejar impian dengan berani. Keputusan Komite Sentral CPC untuk mengimplementasikan proyek eksplorasi bulan adalah untuk mengejar impian bangsa yang tak kenal menyerah untuk terbang ke langit dan meraih bulan, "katanya.

Setiap gagasan yang berani dan implementasinya yang berhasil dalam eksplorasi bulan adalah demonstrasi penuh dari kapasitas manusia untuk mendapatkan pengetahuan dan memanfaatkan tubuh selestial, katanya.