Yuk, Kurangi Hate Speech di Media Sosial

Yuk, Kurangi Hate Speech di Media Sosial
Ilusrasi Hate Speech / net

MONITORDAY.COM – Apakah kamu pernah meninggalkan jejak menyakitkan di dunia maya? Atau kamu sendiri yang tersakiti oleh komentar dari orang lain?

Rata-rata generasi muda tidak bisa jauh-jauh dari media sosial. Segala aktivitasnya memiliki hubungan dengan media sosial. Untuk mengekspresikan diri, menanyakan tugas, sampai untuk paid promote. Namun, media sosial sebagai sumber informasi tampaknya masih kurang digunakan dengan bijak. Jejak-jejak komentar kekesalan atau yang biasa dikenal dengan hate speech masih banyak bertebaran, terutama pada akun-akun public figure. Pada satu postingan seorang public figure, paling tidak ada satu komentar dengan bibit negatif.

Sebagai generasi muda, kita harus mulai bisa mengendalikan dan meminimalisasikan hal tersebut dengan menjadi pengguna media sosial yang baik. Bagaimana caranya? Yuk, simak tiga tips berikut ini.

  1. Think Twice Before Sharing

Kata-kata di atas tampaknya mudah diucapkan namun sulit untuk dilakukan. Ya, kita harus berpikir dua kali sebelum bertindak menyebarkan kebencian di media sosial. Kamu bisa membayangkan posisimu di orang yang akan kamu lontarkan hate speech. Setiap manusia memiliki perasaan dan tolak ukur kekebalan akan hate speech yang berbeda-beda. Tentu kamu tidak mau, kan, jika kamu atau orang-orang di sekitarmu yang kamu saying mendapat hate speech dari orang yang tidak dikenal?

  1. Selalu Berpikir Positif

Cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan berpikir positif. Di balik setiap peristiwa, atau bahkan postingan di media sosial, pasti memiliki sisi positifnya. Tugasmu adalah untuk tidak langsung menghakimi atau men-judge postingan orang tersebut. Jika kamu memiliki pendapat atau pandangan yang berbeda dari apa yang disebarkan oleh orang di media sosial, kamu juga bisa memendamnya dan tidak langsung mengomentari di media sosial.

  1. Batasi Waktu Penggunaan Media Sosial

Jika kedua cara di atas masih sulit kamu lakukan, kamu juga bisa membatasi waktu penggunaan media sosialmu, dengan cara memasang alarm atau membuat jadwal kegiatan sehari-hari. Selain mengurangi hate speech atau berprasangka buruk pada orang lain, kamu juga sekaligus bisa melatih manajemen waktumu.

Yuk, jadilah pengguna media sosial yang bijak dengan tidak menyebarkan hate speech. Gunakan media sosial untuk menyebarkan kebahagiaan dan hal-hal positif.