23 May 2018
Ekonomi

Bappenas yakin Indonesia Bisa Jadi Negara Berpenghasilan Tinggi

Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Beppenas, Wismana Adi Suryabrata.

MONITORDAY.COM - Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Beppenas, Wismana Adi Suryabrata meyakini Indonesia mampu menjadi negara berpenghasilan tinggi. Hal ini ia katakan jika saja pembangunan infrastruktur dikerjakan lebih cepat.

"Kita menyakini Indonesia akan menjadi negara berpenghasilan tinggi jika pembangunan infrastukturnya bisa lebih cepat," ujar Wismana pada Forum Merdeka Barat 9, di gedung serbaguna Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Jumat (27/4/2018).

Menurut Wismana, pembangunan infrastruktur sangatlah diperlukan, mengingat pasca krisis Indonesia memiliki ketimpangan infrastruktur yang cukup tinggi, serta kualitasnya yang masih relatif rendah.

Wismana mengungkapkan pembangunan infrastruktur juga termasuk pemenuhan palayanan dasar hingga infrastruktur pendukung sektor unggulan. Kemudian juga konektifitas fisik harus dibangun untuk berbagai sektor unggulan, termasuk pariwisata.

"Ada beberapa pembangunan terkait itu, yakni bandara, kereta api, tol dan lainnya, misalnya untuk mendukung 10 kawasan Bali baru," terang Wismana.

Kemudian terkait target pendanaan infrastruktur, Wismana menilai, pemerintah tidak bisa memutuskan sendiri, perlu adanya pembiayaan yang mendorong peran swasta.

"Kebutuhan investasi untuk infrastruktur sebesar Rp 4.762,2 Triliun, yang dihendel oleh APBN dan APBD srbesar 41,3 persen, sedangkan dari BUMN sebesar 22,2 persen dan swasta 36,5 persen," ungkapnya.

Related Posts