20 July 2018
Daerah

Dadang Kahmad: Keramahan dan Keterbukaan Jadi Faktor Utama Tumbuhnya Islam Moderat di Jawa Barat

Ilustrasi Islam Indonesia

MONITORDAY.COM - Ketua PP Muhammadiyah, Prof. Dadang Kahmad menyebut, karakter masyarakat Jawa Barat yang ramah dan terbuka terhadap keberagamaan menjadi faktor penting tumbuhnya 'Islam Moderat' di Provinsi pertama yang dibentuk di Indonesia ini.

"Masyarakat Jawa Barat adalah masyarakat yang ramah dan terbuka dalam hal keberagamaan, mereka orang-orang yang taat pada agamanya dan memelihara tradisi lokal yang ada pada masyarakat. Orang Jawa Barat terkenal murah senyum dan murah rezeki," kata Dadang kepada monitorday.com, Selasa, (17/4/2018).

Selain ramah dan saling menghargai, Dadang menyebut masyarakat Jawa Barat juga sangat menghormati kekuasaan baik tingkat lokal maupun tingkat nasional. Mereka mengikuti aturan-aturan yang telah ditetapkan.

Kemudian, terkait hubungannya dengan pemerintah, menurut Dadang, sejarah Jawa Barat bukanlah sejarah oposan. Sebaliknya, masyarakat Jawa Barat selalu harmonis dan berdamai dengan penguasa. Karakter yang toleran dan inklusif tersebut harus dijaga agar tidak muncul konflik akibat adanya perbedaan-perbedaan. Karakter tersebut, kata Dadang, dapat dijaga dengan perilaku keberagamaan yang moderat.

Karena itu, menurut Dadang, pembenahan pendidikan dan kesejahteraan masyarakat perlu dijaga guna terwujudnya kondisi keagamaan yang moderat.

"Yang perlu didorong pada masyarakat Jawa Barat agar terus moderat adalah pendidikan yang merata dengan kualitas yang baik serta kemakmuran yang terjaga. Dengan begitu, otomatis akan melahirkan masyarakat yang moderat dan toleran," tutup Dadang.

[Fsm]

Related Posts