23 May 2018
Edukasi

Fajar Riza Ul Haq: Tumbuhkan Imajinasi dan Kreasi Anak Usia Dini

Stafsus Mendikbud, Fajar Riza Ul Haq saat menyampaikan Keynote Speach dalam acara Seminar Nasional “Pendidikan dan Pengasuhan Anak Usia Dini Menuju Generasi Indonesia Emas”, di PP-PAUD dan Dikmas, Jayagiri-Lembang Bandung, Selasa (24/4/2018).

MONITORDAY.COM - Staf khusus Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Fajar Riza Ul Haq mengatakan untuk menciptakan ‘Generasi Emas Indonesia’, harus ada pemahaman dan ide-ide baru dalam mendidik anak khususnya untuk usia dini.

Menurut Fajar, jika yang diajarkan kepada anak hanya kecerdasan secara intelektual saja, maka akan lapuk tertimpa zaman.

“Jika kita hanya mengajarkan anak pada kecerdasan intelektual saja, ke depan hal itu akan segera basi dengan adanya kemajuan teknologi,” ujar Fajar saat menyampaikan keynote speachnya dalam acara Seminar Nasional “Pendidikan dan Pengasuhan Anak Usia Dini Menuju Generasi Indonesia Emas”, di PP-PAUD dan Dikmas, Jayagiri-Lembang Bandung, Selasa (24/4/2018).

Karena itu menurut Fajar, dalam mendidik anak khususnya di usia dini, harus juga dikedepankan pendidikan yang membuka kemungkinan-kemungkinan pembelajaran agar dapat berimajinasi, berinovasi dan berinteraksi.

“Tanpa upaya tersebut, anak-anak akan sulit berevolusi mengantisipasi segala kemungkinan di masa depan yang kita prediksi akan sangat cepat perubahannya,” ujarnya.

Mantan Direktur Eksekutif Maarif Institute ini juga menuturkan, pendidikan anak usia dini akan menjadi kunci untuk menghalau disparitas semua masalah sosial yang kerap terjadi saat ini.

“Maka itu, pendidikan anak usia dini sudah harus SPM (Standar Pelayanan Minimal) serta menjadi pemicu untuk menciptakan generasi Indonesia Emas,” tutur Fajar.

[Mrf]

Related Posts