16 August 2018
News

Jalin Kerjasama, Ketua DPR - MPR Terima Kunjungan Parlemen Kazakhstan

Ketua MPR menerima kunjungan Parlemen Kazakhstan (13/3). (Foto: Yusuf Tirtayasa/Monitorday.com)

MONITORDAY.COM - Ketua DPR Bambang Soesatyo dan Ketua MPR Zulkifli Hasan pada hari ini (13/3) menerima kunjungan Ketua Senat Parlemen Republik Kazakhstan, HE Mr Kassym bersama rombongan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Bamsoet mengatakan selain dalam rangka kunjungan, kedua pihak juga tengah menjalin kerjasama. "Kedatangan beliau bersama delegasi Kazakhstan merupakan kehormatan bagi kita yang sudah tentu tidak hanya untuk berkenalan saja, tapi juga menjalin kerjasama terutama dalam bidang ekonomi," ujar Bamsoet.

Dirinya menjelaskan perdagangan Indonesia dengan Kazakhstan cukup baik. "Setidaknya dalam catatan Kemendag, kita ada 52.97 juta dollar Amerika perdagangan kita dengan Kazakhstan, dan hubungan ini bisa kita tingkatkan di tahun-tahun mendatang," imbuhnya.

Menurutnya, Kassym menyampaikan bahwa negaranya sama dengan Indonesia, yakni sedang membangun demokrasi maupun ekonomi. Sementara itu, Zulhas menyatakan kerjasama kedua negara sangat luas mencakup bidang ekonomi, pendidikan, budaya, pariwisata.

"Potensinya juga saling menguatkan, bukan meniadakan. Misalnya di sana punya gas, minyak, kita gas minyak kurang. Di sana juga perlu hasil-hasil produksi kita. Jadi kerjasama yang saling menguntungkan," imbuhnya.

Ia lantas berharap kunjungan parlemen Kazakhstan dapat menambah kedekatan hubungan antar kedua negara, tidak hanya eksekutif, tapi juga antar parlemen serta antar masyarakat. "Mereka berharap sekali hubungan kita dapat meningkat dengan baik," pungkas Zulhas.

[Yst]

Related Posts