22 April 2018
Politik

Partai Politik Diimbau Utamakan Prestasi dan Loyalitas Ketika Menjaring Calon Anggota Legislatif

Ilustrasi foto/Net

MONITORDAY.COM - Pengamat Politik dari Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin menyarankan agar Partai Politik lebih mengedepankan kadernya prestasi kader dan mengesampingkan faktor kekeluargaan ketika menjaring para calon anggota legaslatif untuk Pileg 2019 mendatang.

Selain itu, Dia juga menuturkan, jika partai politik juga harus lebih selektif menerima calon legislatif yang kuat dari segi finansial. Hal tersebut untuk menghindari agar ideologi partai tetap terjaga dan praktek KKN bisa diminimalisir.

"Rekrutmen caleg ideal harus mengutamakan kader yang sudah berjuang berdarah-darah di internal parpol. Jadi, bukan sembarang kader, tapi kader yang memiliki loyalitas, prestasi, dedikasi, dan tidak terlibat KKN," katanya kepada Monitorday.com melalui sambungan telepon, Senin (16/04).

Dosen di Universitas Al Azhar Jakarta ini mengungkapkan saat ini rekrutmen partai politik masih menggunakan pola lama dan kurang baik dalam iklim demokrasi.

"Faktanya parpol dalam mengusung caleg masih memakai pola lama, yaitu pola kedekatan dan kekerabatan atau juga orang yang punya banyak uang," ungkapnya.

[Mrf]

Related Posts