23 May 2018
News

Muhammadiyah Tetapkan Awal Puasa 17 Mei 2018

ilustrasi foto

MONITORDAY.COM – Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan awal puasa atau 1 Ramadhan 1439 Hijriyah atau 2018 jatuh pada hari Kamis, 17 Mei. Keputusan tersebut merujuk pada hasil perhitungan astronomi atau hisab yang dipedomani Majelis Tarjih dan tajdid PP Muhammadiyah.

Merujuk maklumat yang diterima di Jakarta, Selasa (13/3), Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir mengatakan, penetapan 1 Ramadhan ini agar dapat menjadi panduan bagi warga Muhammadiyah. Panduan tersebut penting bagi warga Muhamadiyah untuk menyambut bulan suci Ramadhan 1439 Hijriyah dan hari besar lainnya.

Dalam maklumat tersebut, juga diputuskan bila 1 Syawal atau Idul Fitri tahun 2018 jatuh pada hari Jum’at, 15 Juni. Kemudian, 1 Dzulhijah tahun ini bertepatan dengan Senin, 13 Agustus. Dengan begitu, Hari Arafah atau 9 Dzulhijah bersamaan dengan Selasa, 21 Agustus.

Karena hari Arafah bersamaan dengan Selasa, 21 Agustus, maka ini berarti Idul Adha 10 Dzulhijah jatuh pada Rabu, 22 Agustus.

Terkait penetapan yang lebih awal ini Muhammadiyah dalam beberapa kesempatan menyatakan tidak ada maksud  mendahului pemerintah atau apa pun selain untuk acuan warganya. Baik Pemerintah maupun Muhammadiyah memiliki argumentasi masing-masing. Muhammadiyah meminta pengertian masyarakat umum untuk saling menghargai metode penetapan hari besar keagamaan.

[Mrf]

Related Posts