23 June 2018
Nasional

PAN Akan Bahas Soal Koalisi Keummatan di Rakernas

PERTEMUAN HRS, DENGAN AMIEN RAIS DAN PRABOWO BESERTA ROMBONGAN DI MAKKAH/IST

MONITORDAY - Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi menanggapi positif usulan Imam besar FPI Habib Rizieq Syihab untuk membentuk koalisi Keummatan untuk Gerindra, PKS, PBB dan PAN. Hal itu dinilai baik karena bisa saja mempersatukan umat tidak hanya yang beragama Islam, namun juga umat beragama lain.

"Saya rasa seluruh umat, baik umat Islam, Nasrani, Hindu, Budha, seluruhnya berkoalisi menjadi satu," tutur Yoga, di Kompleks Parlemen Senayan, Senin, (4/6/2018).

Meski begitu kata Yoga, PAN sendiri belum mau mengambil sikap terkait hal itu. Karena sebenarnya, PAN telah bersikap, berdasarkan Rakornas tahun 2017 partainya memberikan mandat kepada Zulkifli Hasan untuk maju di Pilpres 2019.

Yoga menegaskan PAN belum mengambil keputusan dukungan untuk Pemilihan Presiden 2019. Sementara soal Koalisi Keummatan hasil dari pertemuan dari tiga tokoh di Makkah akan dijadikan masukan.

"Keputusan PAN akan menunggu Rapat Kerja Nasional tahun 2018. Itu adalah keputusan resmi dari PAN. Jadi pertemuan kemarin itu merupakan bagian dari aspirasi kuat yang akan kita bawa di Rakernas," ungkap Yoga.

Meski sebenarnya Ia menilai, pertemuan antara Amien Rais, Prabowo Subianto serta Rizieq Shihab di Mekkah, hanyalah sekadar silaturahmi. Di mana Amien Rais dan Prabowo kebetulam tengah menjalankan umrah pada waktu yang bersamaan.

"Itu hanya pertemuan silaturahmi biasa, tapi juga tentu akan berbicara soal perkembangan mutakhir kondisi politik nasional pada saat ini," tutur Yoga.
 

Related Posts