23 May 2018
Ekonomi

Percepat Pembangunan PSN, Pemerintah Yakin Bisa Majukan Masyarakat

Ketua Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Wahyu Utomo.

MONITORDAY.COM - Ketua Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Wahyu Utomo menyatakan, maraknya pembangunan proyek infrastruktur jalan yang masuk dalam proyek strategis nasional (PSN), merupakan usaha pemeritah untuk memajukan masyarakat.

"Kita tahu kita harus yakin pembangunan infrastruktur akan bermanfaat bagi masyarakat," kata Wahyu, dalam acara Forum Merdeka Barat 9 di gedung serbaguna Kementerian Komunikasi Dan Informatika, Jakarta pusat, Jumat (27/4/2018).

Ia mencontohkan beberapa negara maju seperti Amerika dan Korea, mereka terlebih dahulu membangun infrastruktur jalan, sebelum akhirnya menjadi negara yang maju pesat.

"Anda lihat bandingkan saja Amerika waktu bangun jalan, itu dilakukan terlebih dulu, itu mengangkat Amerika jadi negara maju. Korea Selatan juga bangun jalan dulu," terang Wahyu.

Karena itu, ia berujar, pemerintah menargetkan 68 Proyek Strategis Nasional (PSN) rampung sepanjang tahun 2016 hingga 2019. "Pada awal 2017 kita evaluasi ada 20 proyek yang selesai, proyek yang sudah selesai dengan tuntas nilainya Rp 33,3 Triliun," terang Wahyu.

Sementara khusus di tahun ini, kata wahyu, 66 proyek dan satu program ketenagalistrikan serta satu program pemerataan ekonomi akan masuk dalam tahap konstruksi dan akan beroperasi sebagian. 

"Proyek dan program tersebut diperkiraan nilainya mencapai Rp 1.584,9 Triliun," imbuhnya.

Related Posts