23 June 2018
Edukasi

SMKN 2 Kota Padang Tanamkan Pendidikan Karakter Lewat Kegiatan Pramuka

Kegiatan Pramuka SMKN 2 Kota Padang

MONITORDAY.COM – Ada banyak cara yang dapat dilakukan satuan pendidikan untuk menanamkan karakter kepada para siswanya. Salah satunya yang dilakukan olej Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Kota padang, Sumatra Barat. Kegiatan Pramuka dipilih sekolah ini sebagai program Penguatan Karakter (PPK).

Alasannya, sekolah ini ingin ada kegiatan yang dapat membina karakter peserta didik dalam mendukung implementasi Kurikulum 2013 di sekolah. Kepala sekolah SMKN 2 Kota Padang, Rusmadi, yakin bila kegiatan pramuka akan mampu membangun karakter positif karena mendasarkan sikap pada Dasa Dharma Pramuka.

“Tidak ada anak Pramuka yang ikut tawuran, tida ada anak Pramuka yang terlibat naskoba, berbuat negate, karena terikat dengan Dasa Dharma Pramuka. Yang negatif itu tidak ada anak Pramuka,” ujar Rusmadi.

Salah satu komitmen pelaksanaan kegiatan Pramuka di sekolahnya yaitu dengan memberikan porsi waktu yang cukup besar setiap hari Sabtu, mulai pukul 07.30 sampai dengan 10.00 WIB.

SMKN 2 Kota Padang memang memang mendorong anggota Pramukanya untuk menguasai berbagai bidang, utamanya yang terkait dengan keterampilan hidup. “Pramuka itu lebih ke lifeskill. Kita bekali juga kemampuan fotografi, kelautan, penjelajahan, masak-memasak, membuat scarf,” ujar Rusmadi.

Related Posts