27 May 2018
Politik

Soal Munculnya Poros Ketiga, Waketum Demokrat: Everything is Possible

Nurhayati Ali Assegaf. (ist)

MONITORDAY.COM - Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Nurhayati Ali Assegaf beranggapan munculnya poros ketiga dalam Pilpres mendatang memungkinkan untuk terjadi. Hal itu menanggapi pernyataan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan yang menilai sangat sulit untuk munculnya poros ketiga.

"Kalau bagi SBY, bagi kami everything is possible dengan ridho Allah dan dukungan masyarakat semua, masih memungkinkan dengan arti kata satu poros, dua poros atau tiga poros," katanya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (13/3/2018).

"Karena ini demokrasi, nanti kita lihat apakah masih menunggu lembaga survey sampai di mana elektabilitas dari kader-kader kami," kata Nurhayati, menambahkan. .Karena itu, menurutnya, wacana pembentukan poros ketiga di luar koalisi pendukung Presiden Joko Widodo dan pendukung Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto masih memungkinkan untuk terwujud.

Sementara soal Demokat yang dianggap main tiga kaki, dirinya membantah hal itu. "Kita cuma punya dua kaki. Artinya, sebagaimana yang saya ungkapkan sebelumnya bahwa politik kita masih sangat dinamis, cair," ujarnya.

Nurhayati mengaku saat ini Demokrat masih terus melakukan komunikasi politik dengan siapa saja, termasuk PKB dan PAN. "Masih ada lima bulan dari sekarang untuk penentuan Capres dan Cawapres," tuturnya.

Hal ini terkait UU soal Presidential Threshold yang harus 20 persen. "Kami menyadari bahwa Demokrat tidak mencukupi untuk mencalonkan Capres sendirian, sehingga kami perlu melakukan penjajakan-penjajakan komunikasi politik," ucapnya.

"Jadi kepada siapa saja kemungkinan itu masih mungkin bisa," pungkas Nurhayati.

Related Posts