16 August 2018
Nasional

Sosialisasi Empat Pilar Adalah Tugas Konstitusional

Foto: Adw

MONITORDAY.COM - Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Iskan Qolba Lubis menegaskan bahwa MPR selama ini merupakan lembaga yang cukup aktif dalam melakukan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan ke seluruh pelosok Indonesia. Pernyataan itu diungkapkan dalam sosialisasi empat pilar MPR  RI, di Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, (24/7), yang dihadir sekitar 150 peserta.

Menurutnya, hal itu dilakukan sebagai tugas konstitusional untuk melakukan sosialisasi, dan juga demi menanamkan pemahaman atas nilai-nilai yang terkandung dalam Empat Pilar Kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, UUD Tahun 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI kepada masyarakat untuk diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat.

Pemahaman terhadap nilai-nilai empat pilar merupakan suatu yang penting dilakukan saat ini, terutama kepada kaum muda baik itu pelajar, mahasiswa dan remaja  yang merupakan salah satu sasaran utama dalam sosialisasi,” katanya.

Menurut Iskan, kaum muda memiliki peran yang sangat strategis dalam roda perjalanan bangsa Indonesia. Begitu juga jika melihat setiap fase sejarah perjalanan bangsa Indonesia, kaum muda selalu hadir dan mengambil peran tersendiri yang mampu merubah arah perjalanan bangsa.

Selain itu, menurutnya, dengan pemahaman terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam Empat Pilar Kebangsaan, maka generasi muda memiliki jiwa nasionalisme yang kuat. Ia menambahkan bahwa pemahaman yang komprehensif terhadap Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, juga bisa menjadi benteng bagi kaum muda dari pengaruh dan budaya asing yang tidak sesuai dengan nilai-nilai budaya Indonesia. 

Related Posts