Waralaba, Dari Modal Cekak HIngga Laba Membengkak

BUkan tanpa tantangan, namun waralaba dalam beberapa aspek mendekati prinsip muamalah. Saling dukung untuk membangun usaha.

Waralaba, Dari Modal Cekak HIngga Laba Membengkak

MONDAYREVIEW.COM- Salah satu peluang usaha yang mestinya dikembangkan saat ini adalah waralaba. Terutama di bidang makanan dan minuman. Gerai-gerai waralaba masih menjanjikan keuntungan yang memadai, bahkan bisa di atas ekspektasi awal franchisee.

Waralaba adalah usaha yang boleh dikata tahan krisis. Setelah krisis moneter yang hebat melanda kawasan Asia Tenggara, bisnis waralaba justru semakin menggeliat. Produk atau jenis usaha yang dikembangkan memang relatif menjadi kebutuhan dasar yang ‘gak ada matinya’. Misalnya makanan dan minuman. Termasuk di dalamnya restoran cepat saji.

Kelebihan lain waralaba adalah terbukanya kemungkinan untuk memulai usaha sesuai dengan kemampuan modal franchisee. Banyak paket waralaba yang ditawarkan. Dengan modal usaha yang sesuai kocek, pewaralaba muda yang ingin memulai usha bisa mewujudkannya.

Hal lain yang sangat penting artinya bagi para usahawan muda yang berminat untuk menjajal usaha waralaba adalah pendampingan usaha atau pendampingan manajemen. Hal ini akan sangat membantu dalam menyusun rancangan usaha, mengatur SDM, membuat target-target penjualan, dan mengatasi resiko yang muncul selama proses pengembangan usaha waralaba tersebut.  

Dukungan teknologi yang saat ini semakin canggih akan sangat membantu dalam pengembangan pemasaran, perencanaan bisnis, maupun manajemen keuangan. Sehingga perkembangan usaha bisa dipantau dengan lebih akurat dan real time. Kesulitan baru bisa didiskusikan dengan cepat, dan promosi melalui media online dan media social bisa dilakukan dengan maksimal.

Bisnis waralaba asli Indonesia yang sukses di pasar internasional hanya 10 sampai 15 merek, sedangkan jumlah waralaba asing yang masuk ke dalam negeri mencapai 450 merek. Demikian uraian Ketua AFI Anang Sukandar. AFI mencatat pasar waralaba Indonesia yang masuk ke pasar luar nege