Anies Dilarang ke Podium Piala Presiden, PKS: Childish!

Dalam even di GBK, Gubernur DKI merupakan tuan rumah

Anies Dilarang ke Podium Piala Presiden, PKS: Childish!
"SUkamta_DPR"


MONITORDAY.COM - Ketua Bidang Pembinaan dan Pengembangan Luar Negeri (BPPLN) DPP PKS, Sukamta mengkritik pencegatan yang dilakukan Paspampres terhadap Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan usai final Piala Presiden 2018. Menurutnya, tindakan tersebut adalah sebuah sikap "kekanak-kanakan".

"Memang aneh dan lebay dan kekanak-kanakan, childish!" katanya dalam pesan singkat kepada MONITORDAY.COM, Minggu (18/2/2018).

Ia menegaskan dalam penyelenggaraan sebuah even di stadion utama Gelora Bunga Karno (GBK), Gubernur DKI Jakarta merupakan tuan rumah. Maka seharusnya, tutur Sukamta, baik menurut undang-undang maupun adat ketimuran, sudah selayaknya Anies diperbolehkan menuju podium juara dalam memberi penghargaan.

"Saya salut dengan kesabaran Gubernur Anies dan etika bagus yang ditunjukkan pemain Persija yang tahu menghargai pemimpin dan tuan rumahnya," ucapnya yang juga Anggota Komisi I dan sekretaris Fraksi PKS DPR.

Lebih lanjut, Sukamta menyatakan semestinya para pemimpin bisa mengedepankan sopan santun dan pertemanan di tengah perbedaan politik. "Seperti yang dicontohkan para pendiri Negara yang kita cintai ini," tandasnya.

Seperti diketahui, viral sebuah video yang memperlihatkan Gubernur DKI Anies Baswedan dicegat oleh Paspampres saat akan menuju podium Piala Presiden. Kejadian itu terjadi usai laga final antara klub Persija Jakarta melawan Bali United yang berakhir dengan skor 3 - 0 untuk Persija.

[Yusuf Tirtayasa]