Batam Raih Dua Penghargaan Indonesian Smart Nation Award

penghargaan itu berdasarkan inovasi yang dirancang Pemkot Batam yaitu Aplikasi Bakulan untuk Smart Economy dan platfrom belajar dan mengajar

Batam Raih Dua Penghargaan Indonesian Smart Nation Award
Sekdako Batam Jefridin Hamid menerima penghargaan ISNA 2020. (Dok Pemkot Batam)


MONITORDAY.COM - Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau meraih dua penghargaan dalam Indonesia Smart Nation Award 2020, yaitu Smart Economy dan Platfrom Belajar Mengajar Terbaik.

"Pimpinan terus mendorong kita berinovasi, dan alhamdulillah inovasi yang kita buat mendapat apresiasi dan menguatkan Batam sebagai 'smart city'," kata Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin Hamid usai menerima penghargaan secara virtual di Batam, Senin.

Ia menyatakan, penghargaan itu berdasarkan inovasi yang dirancang Pemkot Batam yaitu Aplikasi Bakulan untuk Smart Economy dan platfrom belajar dan mengajar .

Aplikasi Bakulan merupakan inovasi Pemkot Batam yang diluncurkan melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Batam.

Aplikasi berbasis android tersebut merupakan layanan daring penjualan produk pertanian Batam yang dihasilkan kelompok tani setempat.

Ia mengatakan, aplikasi itu dirancang untuk memudahkan masyarakat memperoleh bahan pangan, juga guna mendukung usaha pertanian lokal agar punya wadah untuk menjual hasil pertaniannya.

Dengan berbelanja di Bakulan, juga mendukung para petani dan peternak.

"Konsumen juga dimudahkan karena tak perlu ke luar rumah, barang yang dibutuhkan diantar langsung ke alamat. Apalagi di masa COVID-19 harus meminimalisir kontak fisik, tentu sangat membantu," kata dia.

Kemudian, untuk Platfrom Belajar dan Mengajar dirancang agar para siswa dan guru bisa mudah melaksanakan KBM di tengah pandemi COVID-19.

"Untuk Platfrom Belajar Mengajar terbaik hanya ada tiga daerah se-Indonesia yaitu Batam, Bojonegoro, dan Tanggerang," kata dia.