Beberpa Keberhasilan Revolusi Mental Jokowi

Revolusi Mental merupakan salah satu program andalan Presiden Jokowi. Program yang sering kali dijadikan jargon oleh presiden dalam pidatonya ini dimaksudkan untuk merubah cara berpikir bertingkah laku masyarakat ke arah yang lebih maju.

Beberpa Keberhasilan Revolusi Mental Jokowi
Foto: biro pers Setpres


MONITORDAY.COM - Revolusi Mental merupakan salah satu program andalan Presiden Jokowi. Program yang sering kali dijadikan jargon oleh presiden dalam pidatonya ini dimaksudkan untuk merubah cara berpikir bertingkah laku masyarakat ke arah yang lebih maju.

Hingga 4 tahun kepemimpinan Jokowi-JK, program tersebut dinilai telah berhasil merubah beberapa hal penting dari perilaku masyarakat Indonesia. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, memberi apresiasi terhadap 4 kementerian koordinator yang ada, atas inovasi yang telah dikeluarkan dalam rangka revolusi mental.

"Saya mengapresiasi inovasi pelayanan publik yang telah dilakukan empat kementerian koordinator yang ada," kata Puan, di Manado, Jumat (26/10).

Puan menyebut keberhasilan Kemenko Polhukam yang berhasil menekan pungutan liar melalui tim siber antipungli. Hal ini dinilai telah merubah perilaku masyarakat yang sebelumnya, pungli menjadi salah satu hal negatif yang sulit dirubah. Selain itu, Puan menilai, menko Polhukam juga telah bekerja baik dalam menekan tersebarnya berita hoaks lewat tim sibernya.

Kemudian, Puan mengungkapkan keberhasilan Kemenko Ekonomi bisa menerapkan Revolusi Mentalnya dengan program Online Single Submission (OSS). Menurut dia, program ini mampu mendorong pertumbuhan dunia usaha. Sistem tersebut merupakan sistem perizinan usaha terintegrasi secara elektronik. Melalui Program ini, sistem perizinan dunia usaha dapat berlangsung cepat yang memudahkan pelaku usaha.

Kemenko Maritim, menurut Puan telah mampu mengupayakan revitalisasi sungai Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum. Hal ini penting, karena sebelumnya amat sulit untuk mulai revitalisasi sungai terpanjang di tataran pasundan itu. Sementara dari Kemenko PMK sendiri, Puan mengatakan telah bisa mendorong perbaikan kualitas kesehatan, pendidikan, dan olah raga yang saat ini dinilai telah semakin baik. 

"Untuk olah raga kita sukses di Asian Games dan Asian Para ke-18. Tanpa disangka target Indonesia ke tingkat yang lebih atas," kata Puan.