BNPB: Tak Ada Korban Jiwa Ketika Sinabung Meletus

Senin (19/2/2018) pagi pukul 08.53 WIB, Gunung Sinabung meletus besar. Tinggi kolom abu vulkanik 5.000 meter dengan tekanan kuat dan warna kelabu kegelapan. BNPB menyatakan tak ada korban jiwa dan penambahan pengungsi.

BNPB: Tak Ada Korban Jiwa Ketika Sinabung Meletus
Gunung Sinabung meletus. Foto: Istimewa

MONITORDAY.COM – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan, letusan Gunung Sinabung di Sumatera Utara pada Senin (19/2/2018) pagi tak menimbulkan korban jiwa.

“Tidak ada korban jiwa dari letusan Gunung Sinabung. Sebab seluruh daerah berbahaya yang merupakan zona merah telah kosong penduduknya,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho saat dikonfirmasi Monitorday.com, Senin malam.

Sutopo mengungkapkan, sebagian masyarakat dievakuasi sesaat untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk. Namun pada siang hari aktivitas masyarakat telah kembali normal. “Masyarakat sudah terbiasa melihat letusan Gunung Sinabung,” katanya.

Kepala BNPB Willem Rampangilei telah memerintahkan Tim Reaksi Cepat BNPB melakukan pendampingan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karo. BPBD Karo telah melaporkan penanganan letusan Gunung Sinabung kepada Kepala BNPB.

Berdasarkan laporan BPBD Karo tidak ada korban jiwa saat letusan terjadi. Tidak ada tambahan pengungsi. Pengungsi lama sudah ditempatkan di hunian sementara dan sebagian mendapat bantuan sewa rumah dan lahan pertanian dari BNPB. “Kebutuhan mendesak adalah masker dan mobil tangki untuk menyemprot abu vulkanik di jalan dan permukiman warga,” kata Sutopo.

Sutopo memaparkan, Senin (19/2/2018) pagi pukul 08.53 WIB, Gunung Sinabung meletus besar. Tinggi kolom abu vulkanik 5.000 meter dengan tekanan kuat dan warna kelabu kegelapan. Lama gempa letusan 607 detik. Letusan disertai dengan luncuran awan panas sejauh 4.900 meter ke arah Selatan - Tenggara dan 3.500 meter ke arah Tenggara Timur.

“Letusan disertai dengan suara gemuruh. Ini adalah letusan terbesar selama 2018 ini,” tutur Sutopo.  Abu vulkanik menyelimuti beberapa daerah di sekitar Gunung Sinabung, diantaranya Kecamatan Simpang Empat, Naman Teran, Pqyung, Tiga Nderket dan Munthe.

[Suandri Ansah]