Bye-Bye Boris Johnson, Liz Truss Jadi PM Baru Inggris

Bye-Bye Boris Johnson, Liz Truss Jadi PM Baru Inggris
Liz Truss Jadi PM Baru Inggris (dok: cnbc.com)

MONITORDAY.COM - Politisi Inggris yang juga mantan Menteri Luar Negeri era Boris Johnson, Liz Truss, diumumkan sebagai Perdana Menteri (PM) Inggris yang baru, Senin (5/9/2022). Hal tersebut terjadi setelah pemungutan suara internal Partai Konservatif menempatkan Truss sebagai pemenang.

Truss berhasil mengalahkan saingannya, mantan menteri keuangan Rishi Sunak, dengan 81.326 suara berbanding 60.399. Dengan suara ini, Truss berhasil menggantikan Johnson sebagai PM Inggris yang baru.

Truss sendiri diketahui merupakan salah satu figur yang menonjol di Partai Konservatif. Dalam bursa persaingannya dengan Sunak, Truss telah menyampaikan pandangan terkait mandat Bank of England, pemotongan pajak, rencana kontroversial untuk mendeportasi imigran ke Rwanda, serta krisis biaya hidup yang memburuk.

Keterpilihan Truss melanjutkan kepemimpinan Boris Johnson yang mengundurkan diri pada Juli lalu. Johnson sendiri memutuskan untuk mundur setelah administrasinya dilanda skandal pelecehan seksual yang dilakukan oleh salah satu pejabatnya, Chris Pincher.

Sementara itu, terpilihnya Truss sendiri juga terjadi saat Inggris dilanda krisis biaya hidup karena lonjakan biaya energi. Kepala ekuitas Inggris di Lazard Asset Management, Alan Custis, menyebutkan bahwa PM pengganti Johnson akan menawarkan dukungan untuk biaya energi melalui penganggaran baru.

"Sebagai PM, Anda ingin menciptakan periode bulan madu. Siapapun kandidat yang masuk, ada potensi anggaran giveaway segera setelah mereka masuk," katanya di program "Squawk Box Europe" CNBC Internasional pekan lalu.