"Cirebon Ngaber" Dilaunching Bertepatan Dengan Peringatan HKSN, Kata Kepala DSPPPA Kota Cirebon

Melalui Cirebon Ngaber, berbagai permasalahan sosial diharapkan bisa ditangani bersama-sama secara komprehensif dan terintegrasi.

Kepala DSPPPA Kota Cirebon, Iing Daiman, S.Ip., M.Si (berkacamata)

MONITORDAY.COM - “CIREBON NGABER” atau Ngalap Berkah Penanganan Masalah Sosial Secara Komprehensif dan Terintegrasi dilaunching pada Rabu, (18/12/2019) Melalui Cirebon Ngaber, berbagai permasalahan sosial diharapkan bisa ditangani bersama-sama secara komprehensif dan terintegrasi. Dijadwalkan, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPPA) Kota Cirebon, Iing Daiman, S.Ip., M.Si., bakal membuka kegiatan tersebut.  

Dijelaskan Iing, Cirebon Ngaber dilaunching bertepatan dengan peringatan HKSN tingkat Kota Cirebon esok di Gedung Korpri, Jalan Brigjen Dharsono, Kota Cirebon, pada Rabu, 18 Desember 2019. 

“Cirebon Ngaber" merupakan salah satu program andalan kami dan merupakan upaya untuk mengatasi permasalahan sosial secara bersama-sama, komprehensif dan terintegrasi,” kata Iing, Selasa, (17/12/2019) 

Diungkapkan Iing, program Cirebon Ngaber merupakan komitmen bersama antara Pemerintah daerah (Pemda) Kota Cirebon dengan stakeholder terkait untuk penanganan berbagai permasalahan sosial. 

"Melalui program ini siapa pun dan dalam bentuk apa pun bisa berkontribusi untuk memecahkan berbagai permasalahan sosial yang ada di Kota Cirebon, tanpa melihat latar belakang personal yang memberikan bantuan atau apa apa yang disumbangkan. Dalam bentuk apa pun, kami terima, ungkap Iing. 

Sesungguhnya, lanjut Iing, permasalahan sosial yang ada di Kota Cirebon bukan semata permasalahan pemerintah daerah atau Dinas Sosial. “Tidak bisa diselesaikan oleh kami saja,” ungkap Iing. Namun dibutuhkan dukungan bersama dari masyarakat dan stakeholder terkait lainnya. Dengan semangat kolaborasi dan kebersamaan diyakini Iing, berbagai permasalahan sosial yang ada di Kota Cirebon bisa ditanggulangi. 

Ling juga menuturkan, deklarasi Cirebon Ngaber akan dihadiri dan dilauching langsung oleh Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, SH. Turut hadir pula stakeholder terkait yang turut berkontribusi dan menyatakan komitmen untuk bersama-sama memecahkan permasalahan sosial di Kota Cirebon. 

“Termasuk dari Komunitas Pena Peduli, komunitas jurnalis yang peduli terhadap berbagai permasalahan sosial yang ada di Kota Cirebon ini,” tutur Iing. 

Iing mengkahiri penjelasan terkait kegitan tersebut, bahwa dinas yang dipimpinnya juga memiliki data base kelompok sasaran penerima bantuan sosial. Mulai dari data base penyandang disabilitas, data lanjut usia, data anak jalanan dan telantar di 9 titik yang menjadi binaan mereka. 

“Jumlahnya ada sekitar 200 anak,selama ini mereka juga telah menyalurkan bantuan yg bekerja sama dengan berbagai pihak, mulai rumah zakat, Baznas, YANU, CPAB, serta stakeholder terkait lainnya" tutup ling