Dewan Pakar IAKMI Paparkan Sejumlah Strategi Penanganan Covid-19 untuk Pemerintah

Pemerintah pun harus membuka komunikasi, koordinasi dengan komunitas, masyarakat memperkuat commodity base for health.

Dewan Pakar IAKMI Paparkan Sejumlah Strategi Penanganan Covid-19 untuk Pemerintah
Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), Hermawan Saputra


MONITORDAY. COM - Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), Hermawan Saputra menganjurkan sejumlah strategi untuk pemerintah dalam mencegah wabah virus corona ( Covid-19).

Pertama, Hermawan mengatakan pemerintah harus mengefektifkan komunitas masyarakat untuk mendeteksi dan mencegah Covid-19.

"Pemerintah pun harus membuka komunikasi, koordinasi dengan komunitas, masyarakat memperkuat commodity base for health," kata Hermawan di Hotel Ibis Tamarin, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (14/03/2020).

Kedua, perlu ada pelibatan laboratorium selain milik pemerintah. Menurut Hermawan, penting untuk bisa mendeteksi cepat keberadaan Covid-19 di spesimen yang tengah diperiksa.

"Korea Selatan yang paling advance sekali. Ketika terjadi wabah mereka naik, meledak sampai 1.200 kasus mereka melakukan koordinasi cepat untuk delegasi pemeriksaan laboratorium," jelasnya.

Selain itu, Hermawan meminta pemerintah juga harus meningkatkan teknologi deteksi cepat Covid-19. Bahkan, meningkatkan fasilitas kesehatan yang diperlukan.

"Apalah artinya orang dalam pemantauan, apalah artinya pasien dalam pengawasan kalau kita tidak terbuka dari mana wilayahnya secara geospasialnya dan lambat hasilnya," ujarnya.

Sebelumnya, Juru bicara penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto mengatakan kasus positif Covid-19 di Indonesia per-Sabtu (14/03/2020) siang mencapai 96. Diketahui, jumlah itu bertambah 27 dari sehari sebelumnya pada Jumat (13/03/2020).