Diduga Korupsi, Mantan Bos Kapal Induk China Bakal Dibui

Diduga Korupsi, Mantan Bos Kapal Induk China Bakal Dibui
Mantan bos program kapal induk multi-miliar dollar China, Hu Wenming/ Istimewa

MONITORDAY.COM - Mantan bos program kapal induk multi-miliar dollar China dan kepala salah satu perusahaan pelayaran terbesar, akan ditangkap atas tuduhan korupsi. Media pemerintah pada hari Kamis (21/1/2021) melaporkan perintah penangkapan tersebut.

Hu Wenming, 62, diusir dari Partai Komunis China (CPC) yang berkuasa tahun lalu karena telah melanggar disiplin partai dan dicurigai menerima suap dan penyimpangan.

Pada hari Kamis, diumumkan bahwa Kejaksaan Agung Rakyat telah memutuskan untuk menangkap Hu—mantan ketua partai dan chairman China Shipbuilding Industry Corporation (CSIC)—karena dicurigai menerima suap dan menyalahgunakan kekuasaan.

Investigasi diselesaikan oleh otoritas disipliner tertinggi China dan kasusnya telah dilimpahkan ke Kejaksaan Agung Rakyat untuk dituntut.

Sebagai komandan utama program kapal induk China yang ambisius dan berkembang pesat, Hu mengawasi pengembangan kapal induk pertama yang dikembangkan di dalam negeri di negara itu, Shandong, ketika ditugaskan ke Angkatan Laut China pada Desember 2019.

“Pada 30 Agustus 2019, Hu pensiun dari posisinya sebagai chairman CSIC, demikian diumumkan perusahaan di situs webnya. Investigasi atas kasus suapnya diumumkan pada Mei 2020," tulis media pemerintah China, Global Times.