Dubes Iqbal Apresiasi Lifter Indonesia Raih Emas Pertama di Islamic Solidarity Games 2021

Dubes Iqbal Apresiasi Lifter Indonesia Raih Emas Pertama di Islamic Solidarity Games 2021
Lifter Indonesia, Siti Nafisatul Hariroh berhasil meraih emas pertama di Islamic Solidarity Games 2021 Turki (dok: KBRI Ankara)

MONITORDAY.COM - Duta Besar Indonesia untuk Turki, Dr. Lalu Muhamad Iqbal mengapresiasi Kontingen Indonesia yang berhasil meraih 3 medali emas sekaligus menjadi emas pertama yang berhasil diraih pada ajang Islamic Solidarity Games 2021 di Konya, Turki. 

Menurut Iqbal, emas tersebut disumbangkan oleh cabang olahraga Angkat Besi melalui Siti Nafisatul Hariroh yang berhasil duduk di peringkat pertama untuk kategori angkatan snatch (88kg) clean & jerk (71kg) dan dari total keseluruhan angkatan (159kg).

"Selamat Siti Nafisatul Hariroh, saya dan seluruh warga Indonesia bangga atas capaian Siti. Buat merah putih berkibar di Turki sister Siti," ucap Iqbal kepada monitorday.com, Kamis malam (11/8/2022).

Iqbal juga menjelaskan, ini merupakan emas pertama bagi kontingen Indonesia pada ajang ISG 2021 sehingga sementara ini Indonesia berhasil naik ke peringkat 8 klasmen perolehan medali ISG 2021 dengan perolehan 3 emas 1 perak dan 1 perunggu. 

Posisi puncak perolehan medali saat ini, kata Iqbal, masih dipegang oleh tuan rumah Turki dengan total 54 medali dengan rincian 22 emas, 18 perak dan 14 perunggu.

Kontingen Indonesia masih berpeluang untuk menambah perolehan medali pada ajang ini, dimana dari 19 cabang olahraga yang dipertandingkan, Indonesia mengirimkan kontingen untuk bertanding di 13 cabang olahraga.

" Mohon dukungan warga Indonesia, doa terbaik buat para atlit kita yang tengah berjuang," pungkas Iqbal.

Untuk diketahui, ISG Konya 2021 mempertandingkan 20 cabang olahraga (cabor), yaitu atletik, panahan basket 3x3, bocce, balap sepeda (jalan raya dan trek), anggar, sepak bola, senam (artistik, aerobik, ritmik) bola tangan, judo, karate, kickboxing, menembak, renang, tenis meja, taekwondo, voli, angkat besi, gulat (freestyle, greco-roman), panahan tradisional.