Erick Thohir Apresiasi Kontribusi Para Diaspora di Belanda 

Erick Thohir Apresiasi Kontribusi Para Diaspora di Belanda 
Diaspora di Belanda (dok: istimewa)

MONITORDAY.COM - H. Erick Thohir mengapresiasi kontribusi para diaspora di Belanda. Apresiasi tersebut ia sampaikan pada acara Temu Kangen Diaspora di Masjid Al Hikmah, Den Haag, Belanda, pada 3-4 September 2022. 

Dalam diskusinya dengan perwakilan diaspora pada Sabtu 3 September 2022, H. Erick Thohir mengatakan, reputasi dan citra baik Indonesia di mata Internasional tidak terlepas dari peran diaspora yang secara aktif membantu mempromosikan peluang, potensi dan juga warisan budaya Indonesia di Kancah Global. Ia mengatakan diaspora memiliki peran signifikan dalam merajut kekuatan nasional untuk bisa mendunia. 

“Dalam konteks diplomasi total, diaspora telah memainkan peran dan kontribusi yang signifikan bagi perekonomian dan pembangunan bangsa, maka itu dalam kesempatan baik ini saya ingin mengucapkan apresiasi setinggi-tingginya bagi para diaspora Indonesia yang telah memberikan kontribusi optimalnya bagi bangsa,” ujar dia. 

Ia mendorong agar diaspora berperan aktif dalam mendukung program-program strategis yang dicanangkan pemerintah khususnya dalam program yang sifatnya berada di tataran global dan internasional seperti program UMKM Go Export.

Jaringan dan komunitas diaspora yang tersebar di seluruh penjuru dunia merupakan aset berharga untuk peningkatan akselerasi pembangunan nasional. 

“Sinergitas yang telah dijalin selama ini dengan para diaspora telah berhasil menambah potensi lapangan kerja baru bagi masyarakat Indonesia, mendorong UMKM dalam negeri untuk go global, sekaligus menarik banyak potensi penanaman modal dari luar negeri. Semoga kerjasama dan kolaborasi positif dapat terus terbangun untuk memajukan Indonesia,” ujarnya 

Adapun acara temu kangen diaspora dihadiri berbagai segmen diaspora mulai dari pelajar, pekerja profesional, pemuka agama, seniman dan wiraswasta.  

Rangkaian acara dimulai pada 3 September 2022 dengan agenda diskusi interaktif H. Erick Thohir dengan perwakilan diaspora Belanda. 

Selanjutnya pada 4 September 2022, dilakukan juga pemberian bantuan pendidikan untuk 10 putra-putri diaspora yang tinggal di Indonesia, pemberian bantuan sosial bagi diaspora lansia di Belanda dan juga bantuan keagamaan berupa bantuan ibadah umroh gratis kepada ustadz pengajar dan Imam Masjid Al Hikmah. 

Aditya Reza Lusiana, diaspora asal Sragen, mengucapkan terima kasih atas bantuan Pendidikan yang diberikan. Ia berharap silaturahmi yang dibangun oleh H. Erick Thohir dan komunitas diaspora dapat berkelanjutan. 

“Terima kasih atas bantuan yang diberikan. Semoga Bapak H. Erick Thohir senantiasa diberikan kesehatan dan kelancaran dalam menjalankan tugas-tugasnya,” ungkap dia. 

Halimatus Sa’diyah penerima bantuan umroh merasa senang bisa memperoleh bantuan perjalanan umroh gratis. Ia mendoakan semoga kebaikan H. Erick Thohir dibalas berlipat ganda.

“Terima kasih Bapak H. Erick Thohir. Semoga kebaikan yang diberikan dapat membawa berkah dan pahala baik.

Ahmad Naf’an Sulchan diaspora lansia penerima bantuan sosial mengucapkan apresiasinya terhadap kepedulian H. Erick Thohir.

“Terima kasih atas kepedulian yang Bapak H. Erick Thohir berikan, terhadap kami para diaspora di Belanda,” ujarnya.