Erick Thohir Berencana Tingkatkan Target Laba BUMN di 2024

Kami memberanikan diri berharap nilai laba bersih hari ini Rp 180 trilunan. Kita berharap di tahun 2024 laba bersih ini bisa Rp 300 triliunan. Kita berusaha, tidak mudah karena kondisinya, tapi kita tingkatkan hampir double.

Erick Thohir Berencana Tingkatkan Target Laba BUMN di 2024
Menteri BUMN, Erick Thohir/ Net


MONITORDAY. COM - Menteri BUMN, Erick Thohir meningkatkan target laba BUMN dari Rp 180 triliun menjadi sekitar Rp 300 triliun pada 2024. Menurutnya, pihaknya akan terus berupaya mengejar target meski dalam kondisi sulit.

"Kami memberanikan diri berharap nilai laba bersih hari ini Rp 180 trilunan. Kita berharap di tahun 2024 laba bersih ini bisa Rp 300 triliunan. Kita berusaha, tidak mudah karena kondisinya, tapi kita tingkatkan hampir double," kata Erick di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (20/02/2020).

Menurut Erick, kondisi ekonomi saat ini sulit. Bahkan, ditambah era disrupsi yang mengikis bisnis-bisnis model lama, sehingga tidak mudah hal tersebut. 

"Kami berusaha, memang kemarin ada perdebatan di dalam, saya rasa tidak mudah menaikkan profit 10% per tahun, apalagi dengan kondisi ekonomi seperti ini. Apalagi di era disrupsi ada model-model bisnis yang bisa hilang," jelasnya.

Selain itu, Erick menargetkan kontribusi BUMN ke pendapatan negara naik 50% di tahun 2024.

"Lalu juga kontribusi kepada negara di mana selain dividen, pajak, yang namanya royalti dan lain-lain yang sekarang itu Rp 400 triliunan kita coba tingkatkan Rp 700 triliun lebih. Ini yang ujungnya ingin capai," pungkasnya.