Fraksi PKS DPR RI Berikan Bantuan Kepada Korban Banjir Lebak

Hari ini juga sekaligus melihat penanganan korban serta hal-hal yang harus dilakukan agar banjir tidak terjadi lagi di masa yang akan datang mengingat wilayah Lebak kerap terjadi banjir dari tahun ke tahun.

Fraksi PKS DPR RI Berikan Bantuan Kepada Korban Banjir Lebak
Ketua Fraksi PKS di DPR Jazuli Juwaini disela-sela penyerahan bantuan dan peninjauan penanganan korban banjir bandang Lebak, Banten. (Dok.PKS)


MONITORDAY.COM - Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI merealisasikan bantuan kepada korban banjir di Lebak, Banten, Rabu (08/01/2020). Bantuan tersebut sebagai bentuk kepedulian dan keprihatinan kepada warga korban musibah banjir.

"Hari ini juga sekaligus melihat penanganan korban serta hal-hal yang harus dilakukan agar banjir tidak terjadi lagi di masa yang akan datang mengingat wilayah Lebak kerap terjadi banjir dari tahun ke tahun," kata Ketua Fraksi PKS, Jazuli Juwaini dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Rabu (8/1).

Terkait solusi banjir Lebak, Jazuli mengatakan pembangunan Waduk Karian perlu segera dituntaskan. Namun, program pusat tesebut masih terkendala pembebasan lahan.

"Sayangnya pembangunan ini terkendala pembebasan lahan yang belum dibayar tuntas. Dari total 2226,44 hektare lahan yang belum beres proses pembebasan lahannya 1007,77. Ini harus segera dituntaskan sebagai bagian dari upaya pencegahan banjir yang sangat urgent," tuturnya.

Lebih lanjut, Jazuli mengatakan setelah menerima informasi mayoritas korban banjir dan longsor merupakan masyarakat yang tanahnya terkena gusur untuk proyek waduk. Sehingga, pelunasan pembebasan lahan perlu segera dilakukan.

Selain itu, Legislator Daerah Pemilihan Banten II itu mengatakan Lebak sendiri diakuinya butuh penangan serius mengingat menjadi wilayah terparah dibanding daerah lain yang terkena banjir.

Dalam catatan Posko PKS, masyarakat terdampak sebanyak 13.854 orang dengan 6.287 orang mengungsi. Korban jiwa meninggal 10 orang, 4 orang masih hilang, rumah rusak berat 1.310 dan ratusan lainnya rusak sedang dan ringan.