Golkar Dukung Artidjo Alkostar Sebagai Dewan Pengawas KPK

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendukung rencana Presiden Joko Widodo memilih mantan Ketua Kamar Pidana Mahkamah Agung, Artidjo Alkostar sebagai anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Golkar Dukung Artidjo Alkostar Sebagai Dewan Pengawas KPK
Mantan Ketua Kamar Pidana Mahkamah Agung, Artidjo Alkostar


MONITORDAY.COM - Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendukung rencana Presiden Joko Widodo memilih mantan Ketua Kamar Pidana Mahkamah Agung, Artidjo Alkostar sebagai anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Pemerintah perlu didukung karena itulah pilihan terbaik yang sudah dipikirkan secara masak," kata Bamsoet di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (18/12).

Politisi Partai Golkar itu memiliki meyakini Artidjo bisa bertindak tegas dalam pemberantasan korupsi. Diketahui, Artidjo saat menjabat banyak menjadi sorotan lantaran keputusannya yang memperberat vonis terdakwa kasus korupsi.

"Artidjo adalah hakim yang lurus. Yang kita harapkan juga sebagai pengawas itu juga bersikap tegak lurus terhadap persoalan penegakan hukum yang ada di KPK terutama dalam hal pemberantasan korupsi," ucapnya.

Bamsoet berharap, adanya dewan pengawas dapat menyeimbangkan langkah pencegahan dan penindakan yang dijalankan komisioner dan penyidik KPK.

"Bisa menyeimbangkan langkah-langkah hukum yang dijalankan Komisoner KPK," ujar mantan Ketua DPR RI itu.

Terkait info tersebut, Presiden Jokowi sudah membocorkan beberapa nama calon anggota dewan pengawas KPK. Mereka berasal dari kalangan akademisi, hakim, jaksa, mantan pimpinan KPK, ekonom dan ahli pidana.

Selain itu, Taufiequrachman Ruki adalah Mantan Ketua KPK periode 2003-2007 dan pelaksana tugas ketua KPK 2015 juga menjadi kandidat dewan pengawas KPK.

Ardjito Alkostar ialah mantan Ketua Kamar Pidana Mahkamah Agung. Ia mendapat banyak sorotan atas keputusan memperberat vonis terdakwa kasus korupsi.

Sementara itu, Albertina Ho adalah ketua majelis hakim yang menyidangkan kasus suap pegawai pajak Gayus Tambunan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Saat ini Albertina Ho menjabat sebagai Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Kupang.