Gubernur Riau: Rest Area Tol Pekanbaru-Dumai Dikelola UMKM Lokal

Pengelola tol tersebut adalah Hutama Karya sedangkan pada titik-titik tertentu di Tol Pekanbaru-Dumai sudah diperkirakan bakal ramai pengendara berhenti dan membutuhkan istirahat sejenak makan dan minum sebelum melanjutkan perjalanannya misalnya pada titik perlintasan gajah dan lainnya.

Gubernur Riau: Rest Area Tol Pekanbaru-Dumai Dikelola UMKM Lokal
Tol Pekanbaru-Dumai.


MONITORDAY.COM - Gubernur Riau Syamsuar meminta PT Hutama Karya, agar memprioritaskan tempat peristirahatan wisatawan di kawasan Tol Pekanbaru-Dumai kepada UMKM lokal.

"Kebijakan ini dibutuhkan sebagai salah satu upaya untuk mengangkat ekonomi UMKM di Riau sebagai dampak atas keberadaan jalan bebas hambatan pertama di Riau itu atau tol Pekanbaru- Dumai," kata Gubernur Riau Syamsuar dalam keterangannya di Pekanbaru, Senin (28/9).

Menurut dia, pengelola tol tersebut adalah Hutama Karya sedangkan pada titik-titik tertentu di Tol Pekanbaru-Dumai sudah diperkirakan bakal ramai pengendara berhenti dan membutuhkan istirahat sejenak makan dan minum sebelum melanjutkan perjalanannya misalnya pada titik perlintasan gajah dan lainnya.

Diharapkan pada kawasan ini terdapat rest area, dan UMKM bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk memperkenalkan produk kuliner, cindera mata, kebutuhan selama dalam perjalanannya dan lainnya dengan baik.

"Jika UMKM tersebut menggeliat lagi diharapkan pertumbuhan ekonomi Riau kembali membaik apalagi dalam.menghadapi COVID-19 yang dampaknya masih terasa," katanya.

Tol Pekanbaru-Dumai sudah diresmikan secara virtual oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat, 25 September 2020 dan.masyarakat Riau sudah bisa menikmati tol mulai pada Sabtu, 26 September 2020 secara gratis. Namun tetap harus memiliki e-money untuk membuka pintu tol.

Pengelola Tol Pekanbaru-Dumai, PT Hutama Karya memastikan, fasilitas tol bisa dimanfaatkan secara gratis hingga SK penetapan tarif tol dari Kementerian PUPR keluar.

Pengelola Tol Pekanbaru- Dumai mencatat selama dua hari operasional tol, tercatat sudah 15 ribu lebih aktivitas lalu lintas terpantau di jalur bebas hambatan itu.

Branch Manager Ruas pekanbaru-Dumai Indrayana mengatakan, pada hari pertama Tol Trans Sumatera ruas Pekanbaru-Dumai beroperasi, Sabtu, 26 September 2020, tercatat 6.647 aktivitas lalu lintas kendaraan.

Sedangkan pada hari kedua, yakni Minggu, 27 September 2020, HK mencatat ada 9.172 aktivitas lalu lintas Tol Pekanbaru-Dumai.

“Jadi dalam dua hari saja tercatat sudah 15.819 aktivitas lalu lintas yang terpantau di Tol Pekanbaru-Dumai pascaperesmian,” kata Indrayana.