Hanafi Rais Mundur dari PAN dan Anggota DPR

Hanafi menyebut, PAN cenderung konformitas terhadap kekuasaan. Berbeda sikap dengan kader PAN yang berharap partainya menjadi antitesis dari kekuasan.

Hanafi Rais Mundur dari PAN dan Anggota DPR
Hanafi Rais.


MONITORDAY.COM - Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPR Hanafi Rais memutuskan untuk menungundurkan diri dari DPR dan PAN. Pengunduran diri ini diungkapkan melalui surat pengunduran diri tertanggal Selasa (5/4).

"Bersama surat ini, saya menyatakan mengundurkan diri dari kepengurusan DPP PAN 2020-2025, dari Ketua Fraksi PAN DPR, dan dari anggota DPR Fraksi PAN 2019-2024," demikian dikatakan Hanafi dalam surat pengunduran diri tersebut.

Putra Pendiri PAN Amien Rais itu mengatakan, setelah Kongres V lalu berharap dan berikhtiar PAN bisa menegakan keadilan untuk menjaga keutuhan dan kebersamaan kader. Sebab, PAN melewati Kongres yang dinilai sarat kekerasan dan mencoreng wajah partai.

"Kita semua tahu bahwa PAN telah melewati proses Kongres yang sarat kekerasan dan mencoreng wajah partai sendiri. Kita hendaknya sudah dan terus mentaubati apa yang telah terjadi," katanya.

Seperti diketahui, PAN menggelar kongres pada Februari 2020 lalu. Dalam Kongres itu, Zulkifli Hasan kembali terpilih sebagai Ketua Umum untuk masa jabatan 2020-2025. Kongres sempat diwarnai kericuhan. Sejumlah pendukung kubu Amien Rais memprotes jalannya kongres yang dinilai tak adil dan melanggar AD/ART partai.

Hanafi menilai, PAN telah melewati momentum untuk memperbaiki diri. Hanafi menyebut, PAN cenderung konformitas terhadap kekuasaan. Berbeda sikap dengan kader PAN yang berharap partainya menjadi antitesis dari kekuasan.

"Bukan sikap yang adil di saat banyak kader dan simpatisan menaruh harapan PAN jadi antitesis pemegang kekuasaan," ujarnya. dan karena alasan tersebut, Ia memutuskan untuk mengundur diri sebagai pengurus PAN dan anggota DPR.