Harga Pemain Terjun Bebas, Imbas Penangguhan Liga-liga di Eropa

Bagi Liga-liga eropa seperti Laliga Spanyol, Ligue 1 Perancis, Liga Inggris, Bundesliga Jerman, dan Serie A Italia, akan membuat pasar transfer kehilangan cuan sekitar...

Harga Pemain Terjun Bebas, Imbas Penangguhan Liga-liga di Eropa
Kompetisi Laliga Spanyol, salah satu yang ditangguhkan imbas pandemi Covid-19.


MONITORDAY.COM - Dampak penangguhan kompetisi sepakbola dibeberapa negara eropa, berimbas ke industri sepakbola pada sektor finansial khususnya harga pasaran pemain yang dikhawatirkan akan mengalami penurunan pada tahun depan.

Bagi Liga-liga eropa seperti Laliga Spanyol, Ligue 1 Perancis, Liga Inggris, Bundesliga Jerman, dan Serie A Italia, akan membuat pasar transfer kehilangan cuan sekitar 32,7 juta euro, sampai 23,4 juta euro tahun ini.

“Tentu saja, ini adalah skenario yang sangat hipotetis, tetapi kerugian 28%, bagi saya cukup kredibel karena mungkin akan sesuai dengan hilangnya  pendapatan klub yang akan dihadapi,” kata Dr Raffaele Poli, salah satu pendiri CIES Football Observatory, dikutip Inside Sport. 

Sudah ada sebagian Klub-klub seperti Juventus dan Barcelona yang telah sepakat dengan para pemain dan staf mereka untuk memangkas gaji hingga 33%. Langkah ini diambil untuk menurunkan beban keuangan para klub sejak pandemi Virus Corona mewabah.  

Menurut Football Observatory, dalam  edisi ke-289 dari Weekly Post, bakal ada kesenjangan dalam nilai transfer pemain jika tidak ada pertandingan yang dimainkan dan tidak ada kontrak akan diperpanjang sampai akhir Juni.

Level penurunan harga pemain akan bervariasi sesuai dengan beberapa faktor yakni usia pemain, durasi kontrak, jalur karir dan pencapaian pemain di masing-masing klubnya. 

Pemain seperti Paul Pogba, diprediksi akan mengalami penyusutan harga dari 65 juta euro ke 35 juta euro saja yang hanya memiliki kontrak jangka pendek dan tentunya ini merupakan kerugian besar bagi klubnya.