Jabar Raih Juara Umum OSN SMP, Kemendikbud Berharap Prestasi Tersebut Dapat Merata

Provinsi Jawa Barat Menjadi juara pertama pada Olimpiade Sains Nasional jenjang Sekolah Menengah Pertama (OSN SMP) tahun 2019. Dengan memperoleh 2 medali emas, 8 medali perak, dan 6 medali perunggu pada tiga bidang yang dilombakan yaitu Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Matematika

Jabar Raih Juara Umum OSN SMP, Kemendikbud Berharap Prestasi Tersebut Dapat Merata


MONITORDAY.COM – Provinsi Jawa Barat Menjadi juara pertama pada Olimpiade Sains Nasional jenjang Sekolah Menengah Pertama (OSN SMP) tahun 2019. Dengan memperoleh 2 medali emas, 8 medali perak, dan 6 medali perunggu pada tiga bidang yang dilombakan yaitu Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Matematika.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Didik Suhardi memberikan apresiasi terhadap prestasi yang diraih para siswa dari Provinsi Jawa Barat tersebut. Menurut Didik, prestasi yang diperoleh memerlukan dedikasi, waktu, perhatian, dan semangat yang tinggi dari para siswa peserta OSN, maupun dari para guru pembina.

"Selamat kepada para peserta, prestasi ini pasti diperoleh dengan kerja keras. Kalian semua adalah yang terbaik, dari yang terbaik," kata Didik Suhar dikutip dalam siaran persnya, Senin (8/7/2019).

Didik berpesan agar para siswa, sekolah, dan guru dapat mempersiapkan diri untuk unjuk kemampuan sains di skala internasional.

"Mohon berikan pelatihan dan penyuluhan bahwa olimpiade adalah pekerjaan sangat panjang dan perlu kerja keras, ada pembinaan luar biasa karena menyesuaikan dengan olimpiade di tingkat internasional, disetarakan dengan internasional agar ketika dikirim ke tingkat internasional tidak terlalu menjadi hambatan," ujar Didik.

Selain itu, Didik juga berharap agar prestasi OSN dapat merata pada seluruh siswa di tanah air, khususnya para siswa dari Indonesia bagian timur.

"Saya berharap betul, prestasi OSN dapat diraih juga oleh siswa dari luar Jawa, sehingga dapat tercapai pemerataan pendidikan, yang salah satunya melalui pencapaian kompetisi nasional, yaitu seperti Olimpiade Sains Nasional," jelasnya.

"Saya beri semangat betul bagi anak provinsi luar Jawa untuk bisa merebut piala bergilir (OSN) yang diraih teman-teman dari pulau Jawa," imbuhnya.

OSN merupakan ajang tahunan yang bertujuan untuk membina kompetensi siswa, mulai dari jenjang Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, hingga Sekolah Menengah Atas. OSN jenjang SMP tahun 2019, diikuti sebanyak 407 siswa dari 34 provinsi, dan 68 pendamping. Perhelatan ini berlangsung di Provinsi DI Yogyakarta, selama tujuh hari, yaitu dari tanggal 30 Juni s.d. 6 Juli 2019.

Kompetisi ini merupakan bagian dari kegiatan pembinaan peserta didik yang bertujuan untuk mendekatkan siswa dengan sains mendorong mereka agar menjadi peserta didik yang kreatif dan penuh inisiatif.