Jokowi: Sudah ada Obat Covid-19, Akan Segera Didistribusikan

Jokowi menegaskan bahwa yang akan disiapkan ini adalah obat bukan antivirus untuk mencegah, karena sampai saat ini belum ditemukan.

Jokowi: Sudah ada Obat Covid-19, Akan Segera Didistribusikan
Presiden RI Joko Widodo.


MONITORDAY.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan bahwa saat ini sudah ada obat untuk virus corona (Covid-19). Saat ini pemerintah telah menyiapkan dalam jumlah besar dan segera didistribusikan ke masyarakat.

"Pemerintah menyiapkan obat Covid-19 dan segera menyerahkan ke pasien-pasien, ke rumah-rumah," ujar Jokowi, dalam konferensi pers di Istana Negara, Jakarta, Jumat (20/3).

"Avigan kita telah mendatangkan 5.000. Akan kita coba dan dalam proses pemesanan hingga 2 juta. Kemudian kedua Chloroquine, kita siap 3 juta," lanjut dia.

Jokowi menegaskan bahwa yang akan disiapkan ini adalah obat bukan antivirus untuk mencegah, karena sampai saat ini belum ditemukan oleh dokter manapun.

Meski begitu, Jokowi mengungkapkan obat tersebut telah melewati percobaan di beberapa negara dan terbukti bisa menyembuhkan pasien covid-19.

"Obat ini telah dicoba oleh dua tiga negara dan terbukti berhasil menyembuhkan," ujar Mantan Walikota Solo itu.

Lebih lanjut, Jokowi menegaskan pemerintah terus melakukan langkah-langkah yang terbaik untuk masyarakat. Ia mengatakan beberapa upaya cepat pemerintah saat ini demi terselesaikannya pandemi ini.

"Kita ingin sampaikan, kita tidak diam. Tapi mencari hal dan informasi apa yang bisa agar dapat selesaikan Covid-19 ini," tegas Jokowi.

Seperti diketahui, berdasarkan data Kamis (19/3), jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia sebanyak 309 orang, Kasus kematian akibat penyakit tersebut menjadi 25 orang, serta jumlah yang telah pulih dan diperbolehkan pulang adalah 15 orang.