Jokowi Utus Luhut ke China Atasi Covid-19 dan Kemiskinan

LBP pastikan Indonesia dan China harus lebih erat bersinergi.

Jokowi Utus Luhut ke China Atasi Covid-19 dan Kemiskinan
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Luar Negeri RRT Wang Yi/ Istimewa


MONITORDAY.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengutus Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan untuk melakukan kunjungan ke Yunan, China. Adapun tujuannya untuk mengatasi pandemi Covid-19 dan kemiskinan di Tanah Air.

Luhut diterima oleh Menteri Luar Negeri Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Wang Yi. Keduanya pun sepakat bahwa Indonesia dan China harus lebih erat bersinergi pada pada tatanan bilateral, regional dan multilateral, khususnya dalam menghadapi situasi dunia yang tidak menentu akibat pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, perdagangan dan investasi, kesehatan, pendidikan dan riset, vaksin, e-commerce, intelegensi artifisial (kecerdasan buatan) serta pertukaran budaya dan masyarakat menjadi topik bahasan utama dalam pertemuan bilateral antara keduanya.

Menlu China juga akan ikut mendorong keterlibatan perguruan tinggi China dalam pengembangan Pusat Konservasi, Penelitian dan Inovasi Tanaman Obat China-Indonesia di Humbang Hasudutan, Sumatera Utara.

“Saya berharap dukungan dari Zhejiang University, Yunnan University, dan Pusat Riset Unggulan di Bidang Tanaman Obat dan Industri Terkait” ujar Luhut.