Ketua Umum Balad Jokowi Ajak Masyarakat Sukseskan Pelantikan Presiden

Acara pelantikan presiden dan wakil presiden harus dimaknai sebagai perayaan mandat rakyat. Karena rakyat Indonesia sudah memilihnya secara langsung dan demokratis.

Ketua Umum Balad Jokowi Ajak Masyarakat Sukseskan Pelantikan Presiden
Presiden Joko Widodo saat menghadiri acara Balad Jokowi/FB-BaladJKW


MONITORDAY.COM – Menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin, tensi politik dalam negeri terus mengalami peningkatan. Belum lagi sejumlah aksi demonstrasi yang masih terjadi, betul-betul membuat situasi panas dingin.

Menyikapi kondisi tersebut, Ketua Umum Relawan Balad Jokowi mengajak masyarakat untuk tetap menjaga persatuan dan kebersamaan, serta mensukseskan agenda pelantikan Presiden dan Wakil Presiden akhir pekan mendatang.

Muchlas Rowie mengatakan, agenda pelantikan semestinya merupakan agenda kegembiraan merayakan mandat rakyat. Karena, kata dia, Jokowi-Ma’ruf Amin merupakan pasangan Presiden dan Wakil Presiden yang dipilih langsung oleh rakyat.

“Acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Ahad mendatang harus kita maknai sebagai perayaan mandat rakyat. Karena kita (rakyat Indonesia) sudah memilihnya secara langsung dan demokratis,” ucap Muchlas Rowie saat dihubungi monitorday di Jakarta, Selasa (14/10/2019).

Menurut Muchlas, Balad Jokowi sebagai relawan akar rumput yang senantiasa menjaga ketaatan pada hukum, konstitusi dan prinsip demokrasi ketika bergerak, berkomitmen menjaga dan memastikan pelantikan berjalan sesuai jadwal dan lancar.

“Balad Jokowi dan relawan lainnya yang selama ini selalu taat pada konstitusi dan prinsip demokrasi, semua sudah berkomitmen untuk memastikan momentum pelantikan aman dan lancar,” ujarnya.

Karena itu, Muchlas juga meminta semua relawan, terutama yang tergabung dalam Balad Jokowi, secara swadaya untuk turun ke Jakarta. Kita pastikan, kata dia, Jokowi tidak sendiri, untuk menjalankan mandat rakyat lima tahun ke depan.

"Ini adalah momentum penting, untuk kembali menunjukan relawan Balad Jokowi dan relawan lainnya mampu secara sukarela dan bergotong royong meramaikan pelantikan Pak Jokowi," kata Muchlas. 

Dengan begitu, kata Muchlas, kita juga bisa dengan mudah menangkal pihak-pihak yang selama ini berusaha menggagalkan atau mendelegitimasi keterpilihan Pak Jokowi secara inkonstitusional.

"Jika ada pihak-pihak tertentu yang berusaha menggagalkan agenda tersebut harus berhadapan dengan hukum dan tentu saja juga jutaan rakyat yang telah memilih Pak Jokowi,” tegas Muchlas.

Pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Jokowi-Ma’ruf Amin periode 2019-2024 rencananya akan dilakukan pada Ahad (20/10/2019) pukul 14.30 WIB di Gedung DPR-MPR RI. Para relawan dijadwalkan akan hadir dan mengikuti parade budaya serta nonton bareng di kawasan Patung Kuda, Medan Merdeka, hingga Istana Negara.