Marak Kecelakaan Alutsista, Komisi I Tagih Janji Jokowi soal Anggaran Pertahanan

Penting untuk peremajaan alutsista

Marak Kecelakaan Alutsista, Komisi I Tagih Janji Jokowi soal Anggaran Pertahanan
kecelakaan alutsista TNI AL


MONITORDAY.COM - Anggota Komisi I DPR RI, Sukamta mengomentari sejumlah kecelakaan alutsista TNI, diantaranya kasus tank TNI yang hanyut dan kapal TNI yang tenggelam di wilayah Kepulauan Seribu.

 

Menurutnya, Presiden Jokowi perlu segera merealisasikan janji kampanye dan visi misi yang ingin melipatgandakan anggaran pertahanan menjadi 1.5% dari PDB. "Ini penting supaya peremajaan alutsista bisa dilakukan sesuai kebutuhan," katanya dalam keterangan tertulis yang diperoleh MONITORDAY.COM, Kamis (15/3/2018).

 

Sukamta  yang juga Sekretaris Fraksi PKS ini menekankan bahwa kejadian-kejadian berupa kecelakaan alutsista hanya menunjukkan kelemahan pertahanan Indonesia. "Ini bisa menurunkan deterrence efect negara kita di kawasan dan di dunia internasional," tukas dia.

 

Sukamta menjelaskan kecelakaan-kecelakaan yang terjadi bisa karena faktor human skill, bisa karena murni kecelakaan, atau bisa juga karena kondisi alutsista yang tidak layak.

 

Khusus untuk kondisi alutsista, ia mengaku pihaknya selalu mengawasi dan mendorong Pemerintah agar terus mengevaluasi dan meremajakan alutsista yang dianggap sudah tidak layak lantaran sering terjadinya kecelakaan. "Kita menyadari bahwa sudah saatnya Pemerintah melakukan peremajaan alutsista TNI," tandas Sukamta.