Menkop UKM Ingin UMKM Berdaya Saing Hingga Kancah Internasional

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM), Teten Masduki mengatakan sampai saat ini pihaknya terus berupaya agar para UMKM dapat memiliki produk berdaya saing nasional hingga internasional.

Menkop UKM Ingin UMKM Berdaya Saing Hingga Kancah Internasional
Ilustrasi


MONITORDAY.COM - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM), Teten Masduki mengatakan sampai saat ini pihaknya terus berupaya agar para UMKM dapat memiliki produk berdaya saing nasional hingga internasional.

"Saat ini sedang melakukan upaya penuh terhadap pengembangan UMKM di Indonesia agar memiliki produk berdaya saing. Walaupun saat ini banyak dari para UMKM berjualan Keripik, Akik dan batik saja, kita harus mengubah hal tersebut," kata Teten di SMESCO Tower, Jakarta, Kamis (26/12/2019).

Menurut Teten, para UMKM harus memahami teknologi, karena pemanfaatan teknologi untuk sektor UMKM sangat membantu pengembangan usaha UMKM.

"Maka dengan itu, kita dorong para pelaku usaha UMKM agar bisa memanfaatkan teknologi secara maksimal. Ini semua kami lakukan untuk membantu pengembangan usaha UMKM itu sendiri," ujarnya.

Selain itu, Teten berharap agar produk-produk UMKM tidak hanya beredar di pasar domestik tapi mampu menembus pasar luar negeri.

"UMKM harus naik kelas seperti pemanfaatan teknologi, ini penting untuk pengembangan usaha," ungakpnya.

Sementara itu, Teten mengungkapakan yang menjadi penghambat UMKM tak cepat tumbuh ialah karena tak masuk dalam rantai pasok. Bahkan, berkaitan dengan bahan baku sehingga produk yang bagus tidak bisa memenuhi saat ada permintaan.

"Saya melihat UMKM saat ini belum masuk dalam sistem supply chain, ada banyak produk UMKM yang bagus. Tapi ketika diminta oleh pasar baik pasar dalam negeri maupun luar, mereka belum bisa memenuhi karena enggak ada supply bahan baku," jelasnya.